Surga Dunia Indonesia, Deretan Destinasi Desa Wisata Negeri di Atas Awan

Kastolani
Surga Dunia Indonesia: Deretan Destinasi Desa Wisata Negeri di Atas Awan (foto Istimewa, -)

6. Kampung Lolai, Sulawesi Selatan

Sulawesi selalu membawa fenomena alam yang indah. Salah satunya, kampung di puncak perbukitan dengan pemandangan yang sangt cantik yakni bernama Lolai. Kampung Lolai ini dikenal sebagai Negeri di atas awan dari tanah Toraja. Destinasi ini sedang hits di media maupun sosial media. 

Desa ini terletak di dataran tinggi, sehingga Anda bisa menyaksikan pemandangan yang super indah dari sini dan terdapat awan yang sangat indah sekali. Selain pemandangannya yang memikat. Anda juga bisa menikmati budaya lokal yang sangat menarik sekali.

7. Kampung Bena

Kampung Bena merupakan sebuah kampung adat yang terletak di wilayah Bajawa, Flores, NTT. Kampung Bena ini adalah sebuah kampung tradisional yang tidak tersentuh teknologi dan juga sudah ditetapkan menjadi warisan budaya oleh UNESCO.

Di NTT sendiri banyak terdapat desa-desa yang masuk dalam kategori desa tertinggi karena memang lokasinya berada di atas rata-rata. Kampung Bena ini sendiri berada di ketinggian 1700 mdpl. Apabila kalian ingin mendaki Gunung Inerie, jangan lupa singgah ke Kampung Bena.

8. Desa Fatumnasi, NTT

Fatumnasi adalah desa di kabupaten Timor Tengah Selatan yang terkenal dengan panorama pegunungan berpadu dengan awan yang menyerupai kapas-kapas tipis yang sangat memesona. Desa Fatumnasi juga menyajikan pemandangan alam yang indah berupa hutan, danau, padang, perbukitan dan lembah yang indah, serta memiliki udara yang sejuk.

Fatumnasi dengan kecantikan alamnya yang mengundang decak kagum telah banyak menarik perhatian dan minat wisatawan yang datang. Selain itu, terdapat beberapa objek wisata yang terkenal di Desa Fatumnasi, mulai dari Hutan Bonsai, Benteng Dua Puteri, Gunung Mutis, hingga Danau Nefo Kaenka. 

9. Desa Wae Rebo, NTT

Begitu banyak destinasi wisata yang memiliki daya tarik tersendiri. Salah satunya, Desa Wae Rebo, NTT, yang dijuluki sebagai ‘desa di atas awan’. Wae Rebo merupakan desa tradisional yang berada di Kampung Satar Lenda, Kecamatan Satar Mese, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur. Desa ini terletak di ketinggian 1.200 mdpl dan dikelilingi beberapa bukit yang berjajar seperti memagari desa sehingga terkesan desa ini terisolasi.

Desa ini hanya memiliki 7 rumah adat berbentuk lumbung kerucut yang disebut Mbaru Niang. Inilah yang menjadi ikon utama Wae Rebo. Lokasi yang tersembunyi tak lantas membuat desa ini sepi pengunjung. Sebaliknya, banyak wisatawan yang rela melancong jauh-jauh untuk menikmati keindahan setiap sudut Desa Adat Wae Rebo.

10. Tana Toraja

Tana Toraja merupakan sebuah wilayah kabupaten di provinsi Sulawesi Selatan. Lokasinya juga merupakan sebuah dataran tinggi dan sangat terkenal dengan warisan budayanya. Wilayah Tana Toraja berada di ketinggian 1400 mdpl.

Menparekraf Sandiaga Uno Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi objek wisata religi Buntu Burake di Tana Toraja. (Foto: iNews)

Menparekraf Sandiaga Uno Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi objek wisata religi Buntu Burake di Tana Toraja. (Foto: iNews)

Lokasinya memang berada di lereng-lereng pegunungan besar di Sulsel seperti di Pegunungan Latimojong.

Tana Toraja sangat terkenal dengan budayanya seperti Tradisi Ma’nene, tradisi khas Tana Toraja yang juga telah dijadikan wisata populer yang berlokasi di Baruppu, di Toraja Utara.

Tradisi ini merupakan tradisi membersihkan dan mengganti baju jenazah leluhur Toraja. Selain itu, terdapat pula tradisi Upacara Rambu Solo, Kete Kesu dengan rumah Tongkonan Toraja, dan kompleks kuburan Toraja, Londa yang berada di sebuah tebing batu Toraja. 

Itulah 10 negeri di atas awan paling indah di Indonesia yang wajib masuk daftar wisata untuk dikunjungi saat musim liburan tiba.

Artikel ini pernah tayang di iNews id. 

https://Jateng.inews.id/berita/10-negeri-di-atas-awan-paling-indah-di-indonesia-nomor-2-keindahannya-bak-cuilan-surga

Editor : Mahesa Apriandi

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network