Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem

Asep Supiandi
Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem (foto Ilustrasi, -)

Masyarakat juga perlu mewaspadai terjadinya potensi gelombang tinggi di wilayah perairan Indonesia pada periode tanggal 23-27 Desember 2022. Di antaranya kategori tinggi gelombang 4 hingga 6 meter di Samudra Hindia selatan Banten, Samudra Hindia selatan Jawa Barat, Samudra Hindia selatan Jawa Tengah, Samudra Hindia selatan Jawa Timur, Samudra Hindia selatan Bali, Laut Natuna Utara, Selat Makassar bagian selatan.

BMKG, kata dia, merekomendasikan agar semua pihak memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan. Melakukan penataan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan pemotongan lereng atau penebangan pohon yang tidak terkontrol serta melakukan program penghijauan secara lebih masif.

Masyarakat pengguna transportasi angkutan penyeberangan perlu meningkatkan kewaspadaan sebagai salah satu upaya adaptasi dan mitigasi kondisi tersebut. Melakukan pemangkasan dahan dan ranting pohon yang rapuh serta menguatkan tegakan/tiang agar tidak roboh tertiup angin kencang. 

Artikel ini pernah tayang di iNews id. 

https://Jabar.inews.id/berita/bmkg-minta-masyarakat-waspada-cuaca-ekstrem-di-jabar-saat-nataru

Editor : Mahesa Apriandi

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network