Keberlangsungan Sirkulasi Konsumsi Air Bersih Masyarakat Didukung Pipa HDPE ALVApipe 

Sazili M
Untuk mendukung  penyaluran sirkulasi konsumsi air minum yang bersih dapat dilakukan dengan cara menggunakan ALVApipe Pipa HDPE. Foto: Ist

TANGERANG, iNews.id - Kebutuhan manusia terhadap air, khususnya terhadap kebutuhan air minum yang bersih dan berkualitas merupakan keniscayaan yang tidak dapat terlepas dari manusia. 

Air minum merupakan kebutuhan dasar manusia. Setidaknya diketahui, tubuh manusia membutuhkan 2 sampai 2,5 liter atau 8 sampai 10 gelas setiap harinya.

Namun, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), masih ada 3,28% rumah tangga di Indonesia yang pernah kekurangan air minum minimal 24 jam pada 2022. 

Persentase tersebut meningkat 0,01% poin dari tahun sebelumnya yang sebesar 3,27%. Menurut wilayahnya, Nusa Tenggara Timur menjadi provinsi dengan persentase rumah tangga yang pernah kekurangan air minum tertinggi, yakni 13,74%. 

Posisinya diikuti oleh Maluku Utara dengan 9,75% rumah tangga pernah mengalami kekurangan air minum. Sebanyak 8,53% rumah tangga di Sulawesi Barat juga pernah kekurangan air minum pada tahun lalu. Kemudian, persentase rumah tangga yang pernah kekurangan air minum di Papua Barat dan Bengkulu masing-masing sebesar 8,08% dan 5,47%. 

Lain halnya dengan wilayah Sulawesi Tenggara, wilayah ini merupakan provinsi yang rumah tangganya tidak pernah mengalami kekurangan air minum. Di atasnya ada Sumatera Barat dan Kalimantan Timur dengan persentase rumah tangga yang pernah kekurangan air minum masing-masing hanya sebesar 0,26% dan 0,42%. Sementara di Banten, persentasenya adalah 2,18%.

Untuk mendukung  penyaluran sirkulasi konsumsi air minum yang bersih dapat dilakukan dengan cara menggunakan ALVApipe Pipa HDPE. Diketahui HDPE sebetulnya merupakan akronim dari singkatan High Density Polyethylene. Pipa HDPE biasanya juga dikenal dengan nama pipa PE atau pipa PE 100. 

CEO PT Alpha Cikupa Makmur Alden Lukman mengungkapkan, bahwa produk  Pipa HDPE ALVApipe mempunyai banyak keuntungan seperti PVC atau pipa air rumahan pada umumnya, tetapi dalam beberapa hal pipa HDPE masih lebih baik dari PVC. 

“Pipa HDPE terbuat dari plastik dengan elastisitas tinggi. Umumnya diketahui, penggunaan pipa HDPE biasanya digunakan untuk pendistribusian air minum. Material Pipa HDPE dibuat dengan bahan-bahan plastik yang bebas racun dan tidak bereaksi secara kimiawi,” ujar Alden. 

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network