8 Pimpinan Fraksi DPR RI Kumpul Hari Ini, Bahas Bocornya Putusan MK Soal Sistem Pemilu

Gymnastiar Hamdani
Gedung Mahkamah Konstitusi

JAKARTA - 8 Pimpinan Fraksi DPR RI Adakan Pertemuan Hari Ini Selasa (30/5/2023) Pukul 10.00 WIB Pagi ini, Hal itu disampaikan oleh ketua fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini buntut dari dugaan bocornya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal sistem pemilu legislatif (pileg) yang akan berubah menjadi proporsional tertutup.

Hal ini disampaikan Jazuli dalam acara Bimbingan Teknis dan Konsolidasi Nasional Ketua FPKS dan Pimpinan DPRD Se-Indonesia di Jakarta pada Senin (29/5/2023) malam. Meskipun masalah putusan tertutup atau terbuka menjadi kewenangan MK, PKS menegaskan bahwa partainya tetap mendukung sistem terbuka.

Meskipun masih sekedar bocoran atas putusan MK yang akan dibacakan pada 31 Mei, menurut Jazuli, pertemuan 8 pimpinan fraksi di DPR ini merupakan bentuk antisipasi.

 

"Dan besok jam 10.00, 8 fraksi, pimpinan 8 Fraksi akan rapat setelah dengar bocoran. Saya bilang kenapa baru bocoran udah pada panik? Ini kan bocoran aja, mungkin sebagai bentuk antisipasi," ungkapnya.

 

Anggota Komisi I DPR ini pun menjelaskan alasan PKS mengusung proporsional terbuka, karena lebih selaras dengan penguatan nilai-nilai demokrasi, karena lebih selaras dengan representasi. Meskipun peserta pemilu adalah parpol, namun untuk pileg yang sepatutnya dipilih adalah sosok calon legislatif (caleg).

Sumber : https://nasional.okezone.com/read/2023/05/30/337/2822126/putusan-mk-soal-sistem-pemilu-bocor-8-fraksi-dpr-kumpul-hari-ini?utm_source=internal?utm_source=okezone_widget&utm_medium=internal_networks

Editor : Mahesa Apriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network