Pelaksanaan FGD diawali dengan mengidentifikasi permasalahan yang muncul melalui informasi yang disampaikan oleh peserta FGD.
"Permasalahan yang teridentifikasi dikelompokkan menjadi 3 komponen, yaitu Pendataan, Pengembalian Anak Tidak Sekolah kembali bersekolah, Pencegahan Anak Tidak Sekolah," "Ujar kutipan Heni Anita Asusila, di media sosial FB Dindik Kota Cilegon.
Berdasarkan hasil identifikasi permasalahan percepatan penanganan anak tidak sekolah (PPATS), selanjutnya dilakukan analisis lanjut untuk menentukan prioritas permasalahan berdasarkan kriteria mendesak, masalah utama, penyelesaian masalah, efektivitas.
"Selanjutnya dilakukan perumusan identifikasi masalah dan perangkingan permasalahan yang telah disepakati dalam FGD, selanjutnya dilakukan perumusan alternatif kebijakan untuk menjawab permasalahan tersebut," Pungkasnya.
Editor : Mahesa Apriandi
Artikel Terkait