Khutbah Jumat: Memperhatikan Niat

Dr. Abidin, S.T., M.Si.
Sejatinya niat merupakan kehendak atau keinginan hati dalam melakukan suatu amalan. (Foto: Ist)

“Ya Allah tunjukkanlah kepada kami yang benar itu benar dan bantulah kami untuk mengikutinya, dan tunjukkanlah kepada kami yang batil itu batil dan bantulah kami untuk menjauhinya. Janganlah Engkau menjadikan samar di hadapan kami sehingga kami tersesat. Dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.”

Selanjutnya, kita juga memohon kepada Allah agar diberikan hati yang istiqamah dalam kebenaran. Salah satu do’a yang dapat kita panjatkan adalah firman Allah dalam Al-Qur’an surat Ali Imran [3] ayat ke-8, yang artinya:

“Wahai Rabb kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan setelah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkaulah Maha Pemberi (karunia).”

Di penghujung tahun 1445 H ini, mari kita luruskan niat kita dalam setiap amal ibadah yang kita lakukan. Jangan sampai amal ibadah kita menjadi sia-sia karena kurang lurusnya niat kita. Dengan niat yang lurus, semoga kita dapat meraih sempurnanya buah dari amal ibadah yang kita lakukan.

Wallahu a’lam bish-shawab.

 

 

 

 

 

Editor : Mahesa Apriandi

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network