Tambah Debit Air, Guna Minimalisir Keluhan Petani dan Warga Menghadapi Musim Kemarau

Kusnadi
Kegiatan pompanisasi guna penambahan debit air.

LEBAK, iNewsBanten - UPTD Daerah Aliran Sugai (DAS) Ciliman – Cisawarna pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Provinsi Banten, melaksanakan pompanisasi guna penambahan debit air di saluran Daerah irigasi (DI) Cibinuangeun, agar para petani dan masyarakat yang berada di sekitaran irigasi tersebut bisa memanfaatkan aliran air irigasi tersebut. 

 

Kegiatan pompanisasi ini dilaksanakan di aliran sungai DI Cibinuangeun yang berlokasi di Desa Bolang, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Sabtu, (07/09/2024).

 

H. Ukun Kepala seksi Oprasional Pemeliharaan UPTD DAS Ciliman – Cisawarna, DPUPR Provinsi Banten, saat dihubungi wartawan membenarkan bahwa beberapa pegawai saat ini sedang sibuk melaksanakan kegiatan pompanisasi.

"Saat ini kita sedang mengangkat air dari sungai ke talang irigasi DI Cibinuangeun agar masyarakat dan para petani bisa memanfaatkan air tersebut," ucapnya.

 

Menurutnya, kondisi debit air saat ini di hulu sudah mulai kering akibat musim kemarau. 

 

"Sekarang kan sudah menghadapi musim kemarau di hulu air sudah mulai mengering sedangkan kebutuhan petani dan warga terhadap air sangat tinggi," ujarnya.

"Jadi mudah - mudahan dengan adanya pompanisasi ini, puluhan hektar sawah milik para petani di lebak selatan ini bisa kembali teraliri air, dan kegiatan pompanisasi ini bukan hanya dilakukan di Daerah Irigasi (DI) Cibinuangeun saja kalau ada sumber Airnya akan kami lakukan di DI yang lainnya juga seperti DI Cikoncang dan DI Cilangkahan," tambahnya.

 

Sementara Dayat salah satu pegawai pemeliharaan di DI Cibinuangeun tersebut saat ditemui dilapangan mengatakan, dirinya sering mendapatkan pengaduan atau keluhan bahwa masyarakat dan petani yang berada di sekitaran aliran sungai irigasi DI Cibinuangeun ini sangat membutuhkan air. 

 

"Saya sering mendapatkan pengaduan atau keluhan masyarakat dan petani di sekitaran irigasi ini bahwa mereka sangat membutuhkan air, sehingga usulan tersebut saya sampaikan agar bagaimana caranya supaya irigasi DI Cibinuangeun ini selalu mendapatkan suplai air, agar air selalu mengalir. Dan alhamdulillah keluhan tersebut di respon dan kita lakukan pompanisasi dengan cara menyedot air dari sungai ke irigasi," tegasnya.

Editor : Mahesa Apriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network