3 Bahan Rumahan untuk Hilangkan Bekas Gatal Menghitam di Kulit, Gampang Banget Pakainya!

Abroh Nurul Fikri
3 Bahan Rumahan untuk Hilangkan Bekas Gatal (Foto: Ilustrasi)

1. Bawang merah

Dikutip dari Healthline, bawang merah sangat bermanfaat untuk kulit. Ekstrak bawang merah (Allium cep) adalah bahan dalam beberapa krim pencerah kulit dan bekas luka atau gatal tersedia secara komersial. Menurut penelitian, mengoleskan bawang merah dapat secara efektif mencerahkan kulit yang menghitam.

2. Teh hijau

Teh hijau umumnya dikenal untuk diminum, namun ternyata sangat membantu dalam pemulihan bekas gatal yang menghitam di kulit. Berdasarkan penelitian menunjukkan kemungkinan ekstrak teh hijau memiliki efek depigmentasi pada kulit.

Caranya dengan menyeduh sekantong teh hijau dalam air mendidih selama 3–5 menit. Keluarkan teh hijau dan biarkan hingga dingin sebelum digunakan ke area bekas gatal. Ulangi cara ini sebanyak dua kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

3. Lidah buaya

Lidah buaya (Aloe vera) dikenal tanaman yang mengandung aloin, senyawa depigmentasi alami. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2012, terbukti juga mencerahkan kulit bekas gatal yang menghitam hingga luka dan bekerja secara efektif sebagai pengobatan hiperpigmentasi nontoksik.

Caranya dengan mengoleskan gel lidah buaya murni ke area berpigmen sebelum tidur. Lalu bilas menggunakan air hangat keesokan paginya, dan ulangi setiap hari sampai warna kulit berubah cerah.

Editor : Mahesa Apriandi

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network