Catat, Ini 5 Hal yang Membuat Seseorang Dianggap Mampu Tunaikan Ibadah Haji

Tim inews id

SERANG, iNewsBanten - Naik haji merupakan rukun Islam kelima bagi umat Muslim. Mereka yang dianggap mampu diwajibkan menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci. Hal itu juga tercantum dalam Alquran Surat Ali Imran ayat 97.

Seperti dilansir dari keterangan resmi Nadhlatul Ulama, terdapat 5 hal yang membuat seorang muslim dianggap mampu menunaikan ibadah haji.

"Pertama, kesehatan jasmani. Hal ini mengingat dibutuhkan tenaga ekstra saat menjalankan ibadah haji. Karenanya, kondisi badan harus benar-benar sehat dan memungkinkan untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji," tulis keterangan NU. 

Orang yang lumpuh, tua renta, atau memiliki penyakit permanen dan lain-lain tidak wajib menjalankan ibadah haji. Namun, bila finansialnya tengah berlebih dia bisa membayarkan orang lain untuk menggantikan hajinya. 

Kemudian kedua, tersedianya sarana transportasi yang memadai, khususnya bagi orang yang bertempat tinggal jauh dari Tanah Suci dengan jarak 2 marhalah (+81 km) atau lebih.

Dalam konteks jemaah haji di Indonesia, syarat kedua ini bisa diartikan memiliki biaya sewa pesawat dan alat transportasi yang dibutuhkan. Ketiga, aman dalam perjalanan dan pelaksanaan haji.

Maksudnya adalah terjaminnya keselamatan nyawa, harta, dan harga diri seseorang, selama perjalanan dan pelaksanaan ibadah haji.

Keempat, perempuan yang akan melaksanakan haji disyaratkan harus didampingi suami, mahram atau sekelompok wanita yang bisa dipercaya. Hal ini tidak lain karena adanya larangan bagi perempuan menempuh perjalanan sendiri terlebih dalam melakukan perjalanan jauh.

Terakhir, adanya rentang waktu yang memungkinkan untuk menempuh perjalanan haji. Waktu haji yang terbatas membuat pelaksanaannya tidak seleluasa ibadah umrah. Oleh karena itu, dalam syarat wajib haji, harus ada waktu yang memungkinkan untuk menempuh perjalanan dari Tanah Air menuju Makkah.

 

Editor : Mahesa Apriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network