get app
inews
Aa Read Next : Benarkah Istighfar Bisa Mengobati Masalah Kejiwaan?

Berikut 7 Sunah Sebelum Sholat Idul Adha Yang Wajib Kalian Tau,Baca Disini!

Jum'at, 06 Januari 2023 | 17:24 WIB
header img
Ilustrasi sholat idul adha (doc Ilustrasi)

SERANG, iNewsBanten - Setidaknya ada 7 sunah sebelum Sholat Idul Adha yang sangat penting dikerjakan kaum Muslimin. Amalan salih ini memiliki keutamaan serta pahala sangat besar dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Tahun ini Pemerintah Indonesia menetapkan hari raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 Hijriah jatuh pada Ahad 10 Juli 2022 Masehi. Namun, ada juga sebagian kaum Muslimin Tanah Air yang sudah merayakan Idul Adha pada hari ini Sabtu 9 Juli.

Dalam merayakan Lebaran Kurban ini, umat Islam sangat dianjurkan melaksanakan sunah-sunah sebelum Sholat Idul Adha. Apa saja? Berikut ini 7 di antaranya, sebagaimana telah Okezone himpun.

1. Mandi

Pagi sebelum Sholat Idul Adha, kaum Muslimin disunahkan mandi. Diniatkan mandi hari raya agar bersih dan suci. Niatnya cukup diungkapkan di dalam hati.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam sebelum berangkat sholat id melakukan mandi sunah, memakai wangi-wangian, dan mengenakan pakaian yang terbaik.

"Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam memerintahkan kepada kami agar pada kedua hari raya memakai pakaian yang terbagus, memakai wangi-wangian yang terbaik, dan berkurban dengan hewan yang paling berharga." (HR Al Hakim)

2. Berhias dan memakai wewangian

Disunahkan bagi laki-laki untuk berdandan saat akan menunaikan Sholat Hari Idul Adha yakni memakai pakaian terbaik serta minyak wangi (dalilnya sebagaimana hadis di poin sebelumnya).

Sedangkan untuk perempuan, menurut Imam Syafii, "Saya lebih menyukai apabila kaum wanita yang hendak menghadiri sholat hari raya atau sholat-sholat yang lain dalam keadaan bersih, tidak memakai wangi-wangian, tidak memakai pakaian yang mencolok, dan tidak juga memakai perhiasan. Namun hendaknya menggunakan pakaian yang sederhana."

3. Berangkat pagi-pagi

Disunahkan berangkat pagi-pagi ke masjid atau lapangan tempat Sholat Idul Adha. Jika sholatnya di masjid, maka bisa beriktikaf sambil bertakbir menunggu waktu sholat id tiba. Syaratnya begitu masuk masjid langsung berniat iktikaf di dalam hati.

4. Jangan makan

Jangan makan terlebih dahulu sebelum berangkat Sholat Idul Adha. Disunahkan berpuasa dulu sebelum sholat id. Setelah Sholat Adha, pulang ke rumah, lalu silakan makan dan minum.

Dari ‘Abdullah bin Buraidah, dari ayahnya, ia berkata, "Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berangkat shalat ‘ied pada hari Idul Fitri dan beliau makan terlebih dahulu. Sedangkan pada hari Idul Adha, beliau tidak makan lebih dulu kecuali setelah pulang dari sholat id baru beliau menyantap hasil kurbannya." (HR Ahmad, 5:352. Syekh Syu'aib Al-Arnauth mengatakan hadis ini hasan)

5. Menempuh jalan berbeda saat berangkat dan pulang

Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, "Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam ketika berada di hari id (ingin pergi ke tempat sholat), beliau membedakan jalan antara pergi dan pulang." (HR Bukhari nomor 986)

6. Memperbanyak takbir

Sambil berjalan ke masjid atau lapangan untuk Sholat Idul Adha, silakan bertakbir. Begitu juga ketika sampai di lokasi sholat id, perbanyaklah memuji Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Pada hari Raya Idul Adha disunahkan membaca takbir dimulai sejak shubuh hari arafah tanggal 9 Dzulhijjah sampai waktu Ashar hari Tasyriq yang berakhir pada tanggal 13 Dzulhijjah. Dan disunnahkan bertakbir pada setiap selesai habis sholat fardhu selama hari Tasryik tersebut," kata Kepala Subdivisi Badan Manajemen PPPIJ Jakarta Islamic Center Ustadz Maarif Fuadi.

7. Mengucapkan tahniah

Mengucapkan tahniah (ungkapan suka cita) atas datangnya hari raya Idul Adha, yakni:

Taqabbalallaahu minnaa wa minkum, kullu ‘ammin wa antum bi khair

"Semoga Allah menerima amal ibadahku dan kamu semua, dan terimalah Ya (Allah) Yang Maha Mulia."

Allahu a'lam bisshawab.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut