Logo Network
Network

4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya, Kotoran Binatang hingga Lumpur Jadi Santapan

Asthesia Dhea Cantika
.
Jum'at, 21 Oktober 2022 | 18:03 WIB
4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya, Kotoran Binatang hingga Lumpur Jadi Santapan
MNC Portal  Potret kemiskinan di Afrika (publichealth.com.ng)

ADA 4 negara miskin yang konsumsi makanan seadanya. Kemiskinan memang menjadi salah satu masalah yang tak ada habisnya di berbagai negara di dunia.

Suatu negara dapat dikatakan miskin jika dalam menilai kemampuan serta kekayaan sebuah negara, angka Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita ada di bawah standar. Hal ini dapat disebabkan oleh keadaan krisis politik, termasuk konflik, kelaparan, dan perubahan iklim.

Bahkan, tak jarang rakyat negara miskin mengonsumsi makanan seadanya. Lantas, negara miskin mana saja yang konsumsi makanan seadanya? Untuk mengetahuinya, simak rangkuman berikut ini.

1. Warga Afrika Selatan makan kotoran binatang

Benua Afrika menjadi benua dengan sebagian besar negaranya memiliki pendapatan per kapita terendah. Tak sedikit dari warga Afrika Selatan mengonsumsi barang seadanya, bahkan kotoran binatang ternak pun dimakan untuk mengganjal perut.

Meski tak menyehatkan dan beberapa dokter di sana sempat melarang melakukan itu. Hal itu tetap dilakukan, sebab kemiskinan menekan mereka berbuat seperti itu.

2. Suku Musahar di India menjadikan tikus sebagai sarapan

Di India diketahui terdapat etnis miskin, Musahar yang memiliki kebiasaan aneh. Sehari-hari, para warga suku di sini setiap pagi memakan tikus sebagai sarapan.

Dilansir Aljazeera, kebiasaan ini bukan sebuah adat melainkan karena terpaksa. Musahar sendiri adalah suku kaum kasta terendah di India yang hidup dalam garis kemelaratan. Sehingga Untuk memenuhi konsumsinya sehari-hari mereka menggunakan barang seadanya untuk dijadikan makanan, salah satunya ya tikus ini.

3. Kampung di Haiti konsumsi lumpur sebagai cemilan

Haiti hingga kini dikenal sebagai salah satu daerah paling miskin di dunia. Mayoritas masyarakatnya hidup dalam kemelaratan. Salah satunya adalah kampung Cite Soleil yang masyarakatnya harus memakan lumpur untuk dijadikan cemilan.

Lumpur yang dimakan dicampur dengan sedikit garam dan bumbu-bumbu lain. Sampai saat ini, penduduk miskin daerah tersebut masih tetap mengkonsumsi cemilan lumpur ini.Lumpur yang dimakan dicampur dengan sedikit garam dan bumbu-bumbu lain. Sampai saat ini, penduduk miskin daerah tersebut masih tetap mengkonsumsi cemilan lumpur ini.

4. Warga miskin Yaman makan sampah sisa-sisa

Tidak hanya di negara yang dicap miskin yang mengalami kemelaratan, daerah sekelas Timur Tengah pun merasakannya. Dilansir dari Al Jazeera, para orang miskin di salah satu kampung di Yaman harus bertahan hidup dengan mencari makanan di tumpukan sampah.

Usut punya usut, hal itu terjadi karena konflik yang ada mengakibatkan impor barang dihentikan. Alhasil, masyarakat kalangan bawah harus bertahan hidup seadanya, salah satunya dengan mengais sisa-sisa.

Demikian 4 negara miskin yang konsumsi makanan seadanya, ada yang makan tikus dan lumpur.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News

Bagikan Artikel Ini