get app
inews
Aa Read Next : Pembekalan Menhan RI Kepada Capaja TNI-Polri Tahun 2024

Terungkap, Ini Alasan Publik Pilih Prabowo Subianto Di Pilpres 2024

Senin, 29 Agustus 2022 | 20:11 WIB
header img
Prabowo Subianto siap maju di pilpres 2024 (foto Istimewa, -)

JAKARTA, iNewsBanten - Prabowo Subianto mendapatkan elektabilitas tertinggi berdasarkan hasil survei terbaru Indonesia Survey Center (ISC). Terungkap ada sejumlah alasan yang membuat responden memilih Ketua Umum Partai Gerindra itu menjadi presiden.

"Alasan terbesar publik memilih Prabowo yakni sebesar 9,1 persen, bahwa Prabowo dianggap memiliki kemampuan/kapabilitasnya memecahkan masalah-masalah yang tengah dihadapi Indonesia, di antaranya masalah keamanan nasional dan tentu krisis pangan yang tengah mengintai dunia," kata peneliti senior ISC, Chairul Ansari, Senin (29/8/2022).

Selanjutnya, alasan terbesar kedua yakni kinerja Prabowo yang telah diperlihatkan di Kementerian Pertahanan (7,8 persen). Kemudian, sebanyak 3,2 persen responden memilih Prabowo karena latar belakang militer yang dinilai tegas dan mempunyai nasionalisme tinggi.

"2,3 persen responden beralasan (Prabowo) apa adanya/tidak pencitraan dan loyalitas terhadap presiden selama menjadi Menhan RI," ujar Chairul.

Alasan berikutnya, sebanyak 1,6 persen responden memilih Prabowo karena posisinya sebagai ketua umum partai politik lebih pasti dan sebagainya.

Survei ISC dilakukan pada 9-19 Agustus 2022 di 34 provinsi Indonesia. Jumlah sampel yang digunakan dalam survei ini sebanyak 1.520 responden.

Teknik pengambilan sampel yang dilakukan pada survei ini adalah multistage random sampling, dengan margin of error sebesar ±2,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut