get app
inews
Aa Read Next : Pengumuman! Usai Liburan Lebaran Pemerintah Berlakukan WFH 2 Hari pada Selasa dan Rabu

Rencana Pergantian Gas 3 Kg Subsidi, Pemerintah Uji Coba Kompor Listrik 300 Ribu Unit di 3 Kota

Minggu, 18 September 2022 | 15:06 WIB
header img
Uji Coba Penggunaan kompor listrik di 3 Kota (ist)

SERANG, iNewsBanten - Kompor listrik mulai diuji coba di tiga kota pada tahun ini. Kompor listrik yang diuji coba mencapai 300 ribu unit.

Hal tersebut sejalan dengan rencana perusahaan yang mendorong program konversi LPG ke Kompor Induksi sebanyak 15,3 juta pelanggan.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengutarakan jika saat ini sedang dilakukan uji coba terkait hal tersebut.

Plt Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan bahwasanya dalam uji coba di tiga kota.

"Saat ini masih uji coba di 3 kota, masih dipelajari respons masyarakat serta juga aspek teknis dari kompor induksi tersebut," kata Dadan kepada awak media, Minggu (18/9/2022).

Dia menuturkan, proses uji coba ini juga akan melihat kapasitas kompor yang tepat. Sehingga masyarakat akan lebih nyaman dalam memasak.

Dadan juga menjelaskan saat ini yang sedang diuji coba adalah kompor listrik 2 tungku dengan kapasitas 1.000 watt.

"Uji coba ini dilakukan oleh PLN, jadi dibuatkan jaringan khusus di rumah untuk kompor," jelas dia.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga Irto Ginting buka suara terkait adanya rencana program migrasi kompor gas ke listrik. Ia menjelaskan, belum ada arahan untuk mengurangi suplai gas 3 kg di daerah.

"Sementara belum ada arahan," kata Irto. (15/9/2022).

Sebagaimana diketahui, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan program konversi kompor ini dilakukan PLN sebagai salah satu upaya mengurangi beban negara atas impor LPG yang tiap tahun naik. Apalagi, lanjutnya, selama ini khususnya LPG 3 kilogram merupakan barang subsidi yang masih dijual bebas sehingga tidak tepat sasaran dan menjadi beban APBN.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut