Logo Network
Network

Cetak Generasi Pengusaha Unggul, IK Dompet Dhuafa dan Rebach Internasional Resmikan Respace

Nurlan
.
Minggu, 25 September 2022 | 07:48 WIB
Cetak Generasi Pengusaha Unggul, IK Dompet Dhuafa dan Rebach Internasional Resmikan Respace
IK Dompet Dhuafa dan Rebach Internasional cetak generasi pengusaha unggul,(doc.ist)

TANGERANG, iNewsBanten – Mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya manusia terampil dalam menggerakkan perekonomian, Institut Kemandirian (IK) Dompet Dhuafa yang bekerjasama dengan Rebach Internasional meresmikan program Re-Space yang bertempat Gedung Inovasi Kemandirian Jalan Zaitun II, Komplek Islamic Village Tangerang, Banten pada Sabtu (24/09/2022).

Ketua Pengurus Dompet Dhuafa Rahmad Riyadi mengatakan, Gedung Inovasi Kemandirian memiliki luas ± 360m2. Re-Space merupakan, program inovasi pemecahan masalah sosial di masyarakat dan menjadi langkah inisiatif dalam membangun role model baru dengan konsep philantropreneurship untuk melahirkan generasi muda terampil dan mandiri.

"Cukup prefentatif program yang ada di respace tidak kalah dengan yang berbayar. Alhamdulillah kita, memiliki fasilitas yg cukup bagus, barangkali kita bisa menjadikan koase di tengah masyarakat bisa menjembatani ide yg belom tersalurkan dengan SDM yang terbatas. Bukan hanya skill tapi pengetahuan kita fasilitasi inkubasi bisnisnya. mudah mudahan dari yang kecil ini bisa menjadi contoh untuk lembaga - lembaga yang lain." Ucapnya 

Selain itu, M. Iqbal Adriansyah selaku Project manager respace menjelaskan Re-Space merupakan pilot projects yang ada di Indonesia dengan kegiatan pelatihan baik offline maupun online, inkubasi bisnis, dan penyediaan informasi kewirausahaan untuk mencetak entrepreneur baru, terdapat fasilitas seperti, Kitchen-Lab, Coworking space, Ruang meeting, Makerspace, Mini-studio, Photo studio, Cloud kitchen cake Bakery dan pembuatan Aneka Minuman serta Lounge. Program Respace, di inisiasi oleh Rebach serta mendapat medapat dukungan dari Good People Organization dan Korea International Cooperation Agency (KOICA) dari Korea Selatan sehingga program dan infrastruktur Gedung inovasi Kemandirian dapat berdiri.

"Rebach International berkomitmen untuk membawa program-program terbaik untuk pemuda di Indonesia melalui kolaborasi dengan Institut Kemandirian dan mitra strategis lainnya. Diantaranya, kegiatan pelatihan-pelatihan berbasis online, inkubasi usaha dan penyediaan informasi kewirausahaan yang dinamakan Respace. program respace merupakan upaya dalam membentuk bisnis sosial ekonomi yang berkelanjutan." Jelas M. Iqbal 

Direktur Institut Kemandirian Dompet Dhuafa Abdurrahman Usman mengatakan, Rebach int dan Institut Kemandirian juga menyediakan kegiatan pelatihan ekslusif untuk masyarakat umum. Melalui kegiatan kelas satu hari atau One Day Class, peserta dapat menikmati proses pembuatan produk atau menu makanan/minuman. One Day Class disediakan untuk mengakomodasi kebutuhan peserta yang membutuhkan pendampingan ekslusif dari instruktur.

"Para Peserta yang mengikuti pelatihan, mendapat waktu pelatihan 5 jam untuk setiap kelas Makerspace dan Kitchen Lab, Seperti kelas Makerspace, para peserta mendapat pelatihan bahan dasar yang terbuat dari kayu. Pada awal latihan, peserta mendapat pelatihan memberikan teknik dasar dan pengenalan berbagai macam alat yang akan digunakan, antara lain, gergaji, bor, amplas dan lain-lainya. Selain itu, peserta dapat langsung praktek bagaimana cara membuat pola, memotong, membor, dan menghaluskan kayu dengan menggunakan alat serba listrtik.

Follow Berita iNews Banten di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini