get app
inews
Aa Read Next : AH Nasution, Satu-satunya Jenderal yang Lolos dari G30SPKI

September Hitam, Bagaimana Upaya AH Nasution Lolos Dan Selamat dari G30S/PKI

Jum'at, 30 September 2022 | 20:57 WIB
header img
Jenderal Besar Abdul Haris Nasution (AH Nasution), (museumnusantara.com)

Sebetulnya, ada target lain dalam Gerakan 30 September 1965 ini, yaitu A.H. Nasution. Kendati begitu, dia selamat dari upaya pembunuhan ini.

Dikutip dari Buku Ajar Sejarah Nasional Indonesia VI karya Syarifuddin, A.H. Nasution sebetulnya menjadi sasaran dalam G30S/PKI. Namun, putrinya yang bernama Ade Irma Suryani Nasution dan ajudannya, Pierre Andreas Tendean justru tewas dalam insiden berdarah ini.

A.H. Nasution selamat dari peristiwa G30S/PKI karena sekilas dalam kegelapan wajah Pierre Tendean mirip dengannya, sehingga ajudannya itulah yang menjadi target penculikan.

Selain itu, Brigadir Polisi Karel Satsuit Tubun, pengawal rumah wakil perdana menteri II dr. J. Leimena yang kediamannya berada di dekat rumah A.H. Nasution, juga ikut terbunuh. Menurut Poesponegoro & Notosusanto (2010), Satsuit Tubun sempat melawan saat akan dilucuti oleh para penculik yang hendak masuk ke rumah Jenderal A.H. Nasution.

Sementara, Ade Irma Suryani tertembak ketika putri A.H. Nasution itu dititipkan ke tangan adik sang jenderal.

Mengutip dari berbagai sumber, saat PKI mengepung rumah mereka, Ade Irma awalnya digendong istri A.H. Nasution, Johanna Sunarti dalam melarikan diri dari tembakan. Beberapa waktu setelah sang ibu menitipkan Ade Irma ke tangan adik A.H. Nasution, sejumlah tembakan dilepaskan.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut