get app
inews
Aa
Read Next : Tempe Makanan Tradisional Terenak di Dunia Asli Indonesia

Ada 5 Negara Yang Paling Lama Dijajah Oleh Bangsa Lain, Berikut Indonesia

Senin, 27 Februari 2023 | 09:13 WIB
header img
Tentara Belanda (Wikipedia)

SERANG, iNewsBantenMasa kolonialisme membuat beberapa negara di dunia ingin memperluas kekuasaannya baik dari segi pemerintahan hingga kekayaan alam. Negara-negara melakukan penjajahan ke berbagai negara yang memiliki sumber daya yang dibutuhkan.

ADA 5 negara yang paling lama dijajah oleh bangsa lain di dunia. Tentu saja Indonesia termasuk di dalamnya karena pernah empat abad mengalami kolonialisme bangsa Eropa.

Indonesia pernah dijajah selama 433 tahun lamanya. Indonesia yang kala itu bernama nusantara pertama kali dijajah oleh Portugis tahun 1511. Setelah itu baru diikuti oleh beberapa negara lainnya seperti Spanyol, Belanda, Inggris sampai Jepang.

Selain Indonesia, ada 5 negara yang paling lama dijajah sebagai berikut :

1. India (Dijajah Selama 193 Tahun)

India dijajah oleh British East India Trading Company selama hampir dua abad lebih tepatnya 193 tahun lamanya dari tahun 1757. Satu abad kemudian terjadi pemberontakan di India. Setelah Perang Dunia II, Inggris menjanjikan kebebasan kepada India. Sejak itu, India terpecah menjadi dua kubu, India dan Pakistan.

2. Filipina (Dijajah Selama 256 Tahun)

Pertama kali Filipina dijajah selama 256 tahun mulai dari tahun 1521 oleh Spanyol. Kedatangan Spanyol dipimpin oleh Ferdinand Magellan untuk mendapatkan hasil bumi Filipina

Lepas dari Spanyol tahun 1890, Filipina kembali dijajah Amerika Serikat. Penjajahan Amerika Serika itu berlatar belakang perjanjian Paris.

3. Indonesia (Dijajah Selama 433 Tahun)

Kaya akan rempah dan hasil bumi membuat negara seperti Eropa tergiur untuk menjajah Indonesia. Sebelum merdeka tahun 1945, Indonesia piranha dijajah selama 433 tahun lamanya dari tahun 1512 oleh Spanyol. Negara-negara yang pernah menjajah Indonesia seperti Spanyol, Belanda, Inggris sampai Jepang.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut