SERANG, iNewsBanten - Menulis laporan hasil wawancara dengan benar tentu penting dalam berbagai kegiatan yang kita butuhkan.
Selain itu, untuk mempermudah kita dalam memberikan hasil wawancara kepada dosen maupun atasan.
Laporan hasil wawancara umumnya diberikan berbentuk tulisan. Ada beberapa cara menulis laporan hasil wawancara yang baik dan benar, salah satunya akan dijelaskan pada artikel ini.
Sebelumnya, wawancara merupakan kegiatan komunikasi antara satu dengan yang lainnya, bertujuan untuk mencari informasi, mengumpulkan data, maupun kegiatan lainnya yang berkaitan dengan interaksi.
Setelah melakukan wawancara, kita harus membuat laporan hasil wawancara.
Berikut cara menulis laporan hasil wawancara.
1. Menulis Latar Belakang Wawancara
Mengapa kamu melakukan wawancara? Mengapa mewawancarai narasumber tersebut? Kamu harus menuliskan alasan melakukan wawancara kepada narasumber.
Selain itu kamu dapat menulis alasan memilih topik tersebut dan apa yang memotivasi kamu menggunakan topik tersebut.
Tulislah latar belakang wawancara dengan kalimat yang efektif dan tidak bertele-tele agar orang lain mudah memahaminya.
2. Menulis Tujuan Wawancara
Setelah itu kamu dapat menulis tujuan wawancara.
Tulislah apa yang ingin kamu capai dalam wawancara yang kamu lakukan. Tentunya yang berkaitan dengan topik wawancara, jangan masukan tujuan secara personal dalam laporan hasil wawancara.
Tujuannya agar pembaca dapat memahami tujuan wawancara yang kamu lakukan. Kamu bisa menulis tujuan wawancara dengan naratif ataupun bentuk poin agar lebih simpel.
3. Menulis Topik Wawancara
Tulis topik wawancara dengan singkat, padat, dan jelas.
Contohnya “Bahaya Menatap Layar Handphone Berjam-jam”. Jangan sampai topik kamu melenceng dari hasil wawancara agar pembaca tidak bingung.
4. Menulis Waktu dan Tempat Wawancara
Informasi mengenai waktu dan tempat wawancara bisa menjadi penting untuk pembaca. Kamu dapat menuliskannya seperti berikut ini:
Hari/Tanggal: Kamis, 7 Juli 2022
Waktu: Pukul 14.00 – 15.30 WIB
Tempat: Ruang Dosen Universitas Islam Negeri Jakarta
5. Menulis Hasil Wawancara
Kamu dapat mengawali tulisan dengan menyebutkan rincian tentang kegiatan wawancara.
Setelah itu kamu bisa memasukan nama narasumber dan pewawancara.
Setelah semua rincian kegiatan wawancara sudah ditulis, kamu bisa langsung menulis hasil wawancara yang kamu dapatkan.
Kamu bisa merapikan hasil dialog wawancara, asalkan jangan sampai melenceng dari maksud dan tujuan narasumber tersebut.
6. Menulis Kesimpulan
Menulis kesimpulan dari laporan hasil wawancara agar membuat pembaca mengingat kembali maksud dan tujuan kamu melakukan wawancara.
Tulislah dengan ringkas, jelas, serta sudah terangkum hasil wawancara yang penting.
7. Menulis Saran
Langkah terakhir dan yang tidak kalah penting adalah menulis saran.
Kamu dapat memberikan saran kepada pihak-pihak yang terlibat dalam topik atau kegiatan wawancara tersebut.
Tulislah saran dengan kalimat yang sopan dan bijak, agar pihak yang kamu tuju dapat menerima saran kamu dengan baik.
Itulah Cara menulis laporan yang baik dan benar. Semoga membantu!
Artikel ini telah tayang di iNews id dengan judul https://edukasi.okezone.com/read/2022/10/11/624/2684918/cara-menulis-laporan-hasil-wawancara
Editor : Mahesa Apriandi