get app
inews
Aa Read Next : Sungai Cibeureum Meluap Satu Kampung di Jawilan Kabupaten Serang Terisolir

Begini Cara Mengobati Batuk Kering, Bisa Lakukan Langkah Ini

Kamis, 25 April 2024 | 10:28 WIB
header img
Ilustrasi, cara mengobati batuk kering terbilang cukup mudah, selain itu bahannya juga mudah didapatkan dan bisa dilakukan di rumah. (Foto: Istimewa).

SERANG, iNewsBanten - Lebih mudah Cara mengobati batuk kering  Bahannya juga mudah didapatkan dan bisa dilakukan di rumah.

Batuk kering seringkali muncul sebagai gejala flu maupun beberapa penyakit lain. Meskipun terkesan tidak berbahaya, namun kondisi tersebut tidak bisa dibiarkan begitu saja karena dapat mengganggu waktu istirahat maupun berkegiatan.

Batuk kering atau batuk tidak produktif, yaitu batuk yang tidak disertai lendir atau dahak. Batuk jenis ini menimbulkan sensasi geli atau gatal di tenggorokan dan biasanya disebabkan oleh flu, alergi, naiknya asam lambung atau flu, bahkan Covid-19.

Jika tidak ditangani dengan tepat, batuk kering akan membutuhkan waktu lebih lama untuk membaik dan mengganggu aktivitas. Untuk mengobati batuk kering, bisa melakukan beberapa cara.

Berikut 6 cara mengobati batuk kering:

1. Mengkonsumsi air putih

Pilek atau flu dapat memicu terjadinya postnasal drip. Kondisi ini merupakan meningkatnya produksi lendir yang mengalir dari bagian belakang hidung ke tenggorokan, sehingga menyebabkan batuk kering.

Batuk kering dapat diringankan dengan minum air putih minimal 8 gelas perhari. Mengonsumsi air putih dapat mengurangi penumpukan lendir, melembabkan tenggorokan serta meredakan iritasi.

2. Minum Jus Nanas

Jus nanas juga bisa menjadi pilihan minuman lain yang bisa meredakan batuk kering. Hasil penelitian menunjukkan, jus nanas lebih efektif dalam meredakan batuk dibandingkan dengan obat batuk biasa.

Namun, manfaat nanas untuk mengobati batuk kering masih membutuhkan penelitian lebih lanjut dan tidak dapat menggantikan fungsi obat batuk yang diresepkan oleh dokter.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut