get app
inews
Aa Read Next : Mencegah Stroke Akibat Kolesterol Tinggi dengan Jamu Herbal, Begini Cara Buatnya

Begini Cara Mengobati Batuk Kering, Bisa Lakukan Langkah Ini

Kamis, 25 April 2024 | 10:28 WIB
header img
Ilustrasi, cara mengobati batuk kering terbilang cukup mudah, selain itu bahannya juga mudah didapatkan dan bisa dilakukan di rumah. (Foto: Istimewa).

3. Mengonsumsi Sup Hangat

Sup merupakan makanan yang mudah dibuat dan baik dikonsumsi saat batuk kering. Terlebih sup ayam, kandungan daging ayam, sayuran dan kaldu ayam yang ada pada sup tersebut dapat memenuhi kebutuhan nutrisi sekaligus cairan yang dibutuhkan tubuh.

4. Mengatur Posisi Tidur

Jika batuk kering disebabkan oleh refluks asam lambung bisa diredakan dengan mengatur posisi tidur. Bisa dicoba dengan meninggikan posisi kepala dengan cara menumpuk 2 bantal. Langkah ini dilakukan agar asam lambung tidak kembali naik ke kerongkongan.

5. Mengatur Suhu Ruangan

Cara mengobati batuk kering selanjutnya dengan mengatur suhu ruangan. Membuat udara di sekitar menjadi lembab cukup efektif untuk meredakan batuk kering.

Udara kering dapat membuat iritasi saluran pernapasan dan menyebabkan batuk kering bagi sebagian orang. Untuk mengatasi batuk kering akibat hal tersebut, bisa menggunakan humidifier, mandi air hangat atau menghirup uap air.

6. Minum Obat Batuk Kering.

Jika batuk kering tidak mereda dengan cara-cara yang diuraikan, dianjurkan untuk mengonsumsi obat batuk kering yang dapat dibeli secara bebas di apotek. Untuk mengobati batuk kering, bisa memilih obat golongan antitusif.

Obat batuk golongan antitusif bekerja dengan cara menghambat refleks batuk, sehingga batuk bisa berkurang. Pastikan selalu membaca aturan pakai yang tertera pada kemasan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat ini.

Sementara itu, batuk kering yang disebabkan oleh alergi dapat diobati dengan antihistamin. Namun, antihistamin tidak boleh digunakan sembarangan, melainkan harus sesuai saran dan resep dokter.

Itu dia cara untuk mengobati batuk kering yang bisa dilakukan di rumah. Jika batuk kering tak kunjung sembuh, segera periksakan ke dokter.

 

 

 

 

 

 

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut