get app
inews
Aa Read Next : Yuk Simak, Penjelasan dan Sejarah Gunting Kuku yang Biasa Anda Gunakan

Begini Sejarah Samurai Jepang, dari Awal hingga Akhir Masa Jayanya

Minggu, 04 Desember 2022 | 03:04 WIB
header img
Ilustrasi sejarah samurai Jepang (Foto: History Extra)

JAKARTA, iNewsBanten - Jepang memiliki sejarah yang dimulai ribuan tahun yang lalu. Para ilmuwan percaya bahwa orang Jepang adalah keturunan dari banyak kelompok yang bermigrasi ke pulau-pulau dari Asia, termasuk China dan Korea.

Dikutip melalui History Extra, samurai adalah anggota kelas prajurit yang naik keatas kekuasaan di Jepang sejak abad ke-12 dan seterusnya. Seiring waktu, mereka berkembang menjadi kekuatan dari istana kekaisaran Jepang yang berfungsi memadamkan pemberontakan dan berjuang untuk kaisar.

Samurai secara teknis berarti pelayan kekaisaran tetapi dalam kenyataannya sebagai kelas penguasa militer Sedangkan arti kedua adalah pedang khas Jepang dengan bentuk agak melengkung. Artinya, kata samurai bisa digunakan untuk menyebut senjata tajam atau pedang khas Jepang.

Sejarah Samurai

Pemerintah Kamakura dan Bangkitnya Samurai (1185-1333)

Dikutip melalui History, selama Periode Heian (794-1185), samurai adalah pendukung bersenjata dari pemilik tanah yang kaya – banyak dari mereka meninggalkan istana kekaisaran untuk mencari kekayaan mereka sendiri setelah dicabut kekuasaannya oleh klan Fujiwara yang kuat. Kata "samurai" secara kasar diterjemahkan menjadi "mereka yang melayani."

Pada 1185, Jepang mulai diperintah oleh prajurit atau samurai. Sampai saat ini pemerintah secara teori birokrasi, tetapi sebenarnya aristokrat yaitu, orang memegang posisi tertentu karena mereka dilahirkan dari keluarga yang berhak memegang pekerjaan itu. Bahkan setelah 1185, pemerintahan sipil di istana Kaisar berlanjut hukum dan negara tidak diubah, tetapi kelas samurai baru berkuasa dan semakin menjadi penguasa negara yang sebenarnya.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut