get app
inews
Aa Read Next : Tuntut Omnibus Law, May Day 2024 Seluruh Buruh Indonesia Bakal Turun Ke Jalan

Jalan yang Berbahaya dan Mematikan, Lengah Sedikit Nyawa Melayang!

Jum'at, 17 Maret 2023 | 02:51 WIB
header img
Jalan yang Berbahaya dan Mematikan, Lengah Sedikit Nyawa Melayang! (Foto Istimewa, -)

Guoliong Tunnel pertama kali dibuka untuk umum pada 1 Mei 1977 setelah pekerjaan dimulai pada 1972. Jalan ini sepenuhnya dibangun warga lokal dengan menggunakan peralatan sederhana yang membutuhkan 4.000 palu, 12 ton baja, dan pahat.

Terowongan ini cukup menyeramkan dengan 30 jendela berbagai ukuran. Jalan ini dijuluki sebagai jalan yang tidak mentolerir kesalahan apapun. Jalan ini membutuhkan fokus penuh, bahkan satu kesalahan kecil bisa jadi masalah fatal.

3. Death Road - North Yungas, Bolivia

North Yungas di Bolivia bisa dikatakan jalan yang sangat cantik tapi sangat mematikan. Jalan ini bukan menggunakan aspal, melainkan jalur tanah berkerikil yang membentang sepanjang 36,4 kilometer.

Ini merupakan jalur legendaris karena sangat ekstrem. Diperkirakan 200 hingga 300 orang yang bepergian melewati jalan itu meninggal setiap tahun. Lusinan kendaraan juga keluar dari jalur setiap tahun, dengan jurang vertikal sedalam 1.000 meter yang menjadi penyebab angka kematian tahunan mencapai ratusan.

Tidak sulit untuk melihat mengapa jalan tersebut dianggap sangat berbahaya. Lebarnya hampir sama dengan satu kendaraan, tanpa pagar pembatas untuk melindungi kendaraan jatuh hingga ketinggian. Hujan dapat membuat jalan berlumpur dan licin, dan hujan atau kabut membuat pandangan pengemudi tergganggu.

Hujan yang terjadi di bulan-bulan musim dingin dapat mengurangi jarak pandang serta menyebabkan tanah longsor dan lepasnya bebatuan dari lereng bukit. Ini membuat jalan tersebut sangat berbahaya dan dikatakan sebagai ‘Jalur Kematian’.

4. Karakoram Highway - Tiongkok dan Pakistan

Jalan Raya Karakoram (dikenal secara informal sebagai KKH) sebagai jalan internasional beraspal tertinggi di dunia yang membentang antara Tiongkok Barat dan Pakistan.

Jalan ini memiliki panjang 1.300 km (Pakistan: 887 km, dan China: 413 km), melewati Kashmir yang merupakan tanah sengketa dari Hassan Abdal (sebuah kota kecil dekat Rawalpindi dan Islamabad) ke Kashgar, di provinsi Xinjiang, China Barat.

Jalan ini dibuka sepanjang tahun kecuali Jalan Khunjerab, jalanan pada ketinggian 4.693 meter di atas permukaan laut. Jalan itu hanya dibuka antara 1 Mei dan 31 Desember karena salju tebal. Salju lebat selama musim dingin yang keras dapat menutup jalan raya untuk waktu lama.

Karakoram Highway dianggap berbahaya karena bisa tiba-tiba hujan batu, banjir, dan gempa bumi. Berkendara di sana juga perlu kewaspadaan karena salah perhitungan sedikit bisa tergelincir ke jurang bebatuan.

5. Atlantic Ocean Road - Norwegia

Atlantic Ocean Road yang berada di bagian barat Norwegia merupakan salah satu jalanan paling berbahaya di dunia. Jalanan ini membentang sepanjang 36 kilometer menghubungkan pulau-pulau kecil di Norwegia.

Hal yang membuat jalan ini berbahaya adalah sering kali angin berhembus dengan kecepatan di atas 48 km/jam yang membuat mobil sulit dikendalikan. Tak jarang juga ombak besar dan petir datang ketika sedang badai.

Artikel ini pernah tayang di iNews id. 

https://www.inews.id/channel/Aksesoris/5-jalan-paling-berbahaya-di-dunia-nomor-3-menyeramkan-jatuh-nyawa-melayang

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut