get app
inews
Aa Read Next : Viral di Medsos! Ban Mobil di Curi Saat Parkir di Mall

Waspada! Penipuan Link via Undangan Pernikahan Beredar di WA, Bisa Bobol Rekening Anda

Sabtu, 28 Januari 2023 | 11:12 WIB
header img

SERANG, iNewsBanten - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mengingatkan nasabah untuk waspada modus penipuan link undangan pernikahan. Kini tengah viral pembobolan rekening melalui link undangan pernikahan yang dikirim via WhatsApp.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto mengingatkan nasabah dan masyarakat agar lebih berhati-hati dengan modus kejahatan perbankan tersebut. Ia juga berharap agar korban dari kejahatan perbankan tidak bertambah.

“Nasabah agar selalu waspada terhadap berbagai modus tindak kejahatan social engineering. Kerahasiaan data pribadi dan data transaksi perbankan harus terus dijaga, tidak hanya oleh pihak bank, namun juga oleh nasabah,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (27/1/2023).

Terbaru, modus penipuan yang marak terjadi, yakni permintaan untuk meng-install aplikasi undangan pernikahan. Cara kerjanya, pelaku berpura-pura sebagai pihak pengirim undangan dengan mengirimkan file ekstensi APK, disertai foto undangan pernikahan kepada korban. Korban pun diminta untuk mengklik dan meng-install aplikasi tersebut.

Selanjutnya, korban harus menyetujui hak akses (permission) terhadap beberapa aplikasi sehingga dari sana data pribadi yang bersifat rahasia dalam handphone korban bisa dicuri oleh pelaku.

Data yang dicuri bisa sangat beragam, data yang bersifat pribadi dan berbagai informasi yang masuk melalui SMS, termasuk data perbankan yang bersifat rahasia seperti OTP (One Time Password) dan data lainnya dapat diambil oleh fraudster.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut