get app
inews
Aa Read Next : Ingin Batasi Buah Hati dari Penggunaan HP? Mungkin dengan Screen Time Bisa Membatasi Pemakainya

Berikut Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh, Coba Restart Ponsel

Rabu, 27 Maret 2024 | 04:16 WIB
header img
Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh (Foto: Selwyn van Haaren/Unsplash)

SERANG, iNewsBanten - Cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh mungkin dicari sejumlah orang, apalagi yang sedang menghadapi masalah layar. Jika bingung, Anda bisa mengetahui metodenya di sini. 

Pada dasarnya, semua smartphone saat ini sudah menggunakan layar sentuh. Penggunaan teknologi ini bukan tanpa kendala. Ada beberapa pengguna smartphoe yang pernah mengalami error, di mana layar smartphoe mereka tidak bisa disentuh. 

Alhasil, pengguna smartphone tidak bisa mengakses aplikasi apa pun yang terdapat di dalam smartphone. Ada beberapa faktor yang menyebabkan masalah pada layar HP yang tak bisa disentuh tersebut. 

Masalah paling umum adalah smartphone tidak sengaja terjatuh, tercebur ke dalam air, atau bahkan tertimpa benda berat. Jika mengalami masalah ini, jangan panik. Anda bisa mencoba cara berikut ini. 

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa diSentuh 

1. Restart Handphone

Cara pertama dalam mengatasi masalah ini adalah dengan memuat ulang (Restart) HP. biasanya, dengan cara ini dapat mengembalikan proses yang berjalan di sistem kembali ke sedia kala. Bisa jadi, layar HP yang tidak bisa disentuh disebabkan ada kendala di sistem operasi, deng cara restart HP umumnya sama, Berikut cara merestart;

- Tekan dan tahan tombol daya ( Power) selama beberapa detik.

- Kemudian pilihlah opsi ‘ Restart’

- Tunggulah hingga HP dimuat ulang 

- Setelah selesai memuat ulang, cobalah untuk operasikan layar sentuh HP Anda.

2. Keluarkan Kartu SIM dan SD  Card 

Selain dengan merestart, Anda juga dapat mengeluarkan kartu SIM dan SD card Anda. Karena penyebab layar HP tidak bisa disentuh lainnya bisa disebabkan kerusakan pada kartu SIM atau kartu SD. Setelah mengeluarkan kartu SIM atau kartu SD lalu nyalakan lagi HP Anda tanpa menggunakan dua kartu tersebut. 

3. Aktifkan Safe Mode 

Untuk mengaktifkan safe mode ini Anda cukup tekan tombol power HP beberapa detik, lalu pilih mode darurat atau mode aman. Karena dengan mengaktifkan mode aman Anda bisa mengatasi  layar HP yang tidak bisa disentuh. Namun, jika langkah ini sudah Anda coba tapi masih belum  bisa, kemungkinan masalahnya ada pada aplikasi atau program yang baru Anda unduh. 

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut