get app
inews
Aa Read Next : Pemerintah Kecamatan Carenang Dapat Penghargaan Optimalisasi SAKIP Oleh Bupati Serang

Sukses Berinovasi, Bupati Serang Jadikan Carenang Kecamatan Percontohan

Rabu, 15 Februari 2023 | 20:11 WIB
header img
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Andika, Kemendes Sugito dan Camat Carenang Arif Roikhan Memanen ikan Nila yang kedua kalinya dengan cara sistem bioflok

SERANG, iNewsBanten - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memberikan perhatian lebih terhadap Kecamatan Carenang karena mampu membuat inovasi dalam penguatan ekonomi masyarakat. Berbagai inovasi dibuat, mulai dari sukses membudidaya ikan nila, mengolah sampah, hingga membuat bahan pakaian dari sistem ecoprint

"Jika Kecamatan Carenang bisa, seharusnya kecamatan lain bisa. Dan kita dorong bagi yang mau berinovasi. Carenang adalah kecamatan percontohan dalam berinovasi, ketahanan pangan, dan pemulihan ekonomi," kata Tatu usai panen ikan nila sistem bioflok di lingkungan Kantor Kecamatan Carenang, Rabu (15/2/2023). 

Apa saja inovasi Kecamatan Carenang? Yakni, budidaya ikan nila dengan sistem bioflok, kerajian batik ecoprint, pemanfaatan limbah organik dengan membuat ecoenzym, pengolahan kombucha, dan pemanfatan limbah plastik dengan membuat berbagai produk siap pakai dengan nama sistem ecobrick. 

Tatu meminta para camat berinovasi atau menduplikasi program yang dilaksanakan Camat Carenang Arif Roikhan.

"Untuk sumber anggaran dan sarana prasarana, ini bisa sifatnya keroyokan. Ada dari dana desa 20 persen untuk ketahanan pangan, dinas kabupaten dan provinsi bisa support. Juga ada perusahaan, perbankan, dan industri lainnya. Jika digabungkan, bisa menjawab berbagai persoalan di masyarakat," tegas Tatu. 

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut