Logo Network
Network

Cuaca Ekstrem dan Pancaroba di Bulan Ramadhan, Begini Caranya agar Tetap Menjaga Imunitas Tubuh

Awan Setiawan
.
Sabtu, 15 April 2023 | 12:01 WIB
Cuaca Ekstrem dan Pancaroba di Bulan Ramadhan, Begini Caranya agar Tetap Menjaga Imunitas Tubuh
Ilustrasi puasa (doc istimewa)

SERANG, iNewsBanten - Tantangan cuaca ekstrim, khas musim pancaroba di bulan Ramadhan tahun ini akan dijalani umat Muslim.

Cuaca yang tak menentu, terkadang panas terik menyengat lalu tiba-tiba hujan angin besar. Musim yang rentan membuat banyak orang jatuh sakit.

“Musim pancaroba telah membuat penyebaran penyakit terjadi jauh lebih cepat, salah satunya disebabkan oleh kemampuan organisme patogen yang dapat bertahan hidup di luar inang,” jelas dr. Irwan Heriyanto, MARS, Chief of Medical Halodoc, dikutip dari siaran media, Rabu (22/3/2023).

“Ini karena musim pancaroba punya iklim yang cocok untuk patogen bertahan hidup, yaitu suhu, kelembaban, paparan sinar matahari, pH, dan salinitas sesuai dengan habitatnya,” sambungnya.

Maka dari itu, di puasa Ramadhan tahun ini harsu ekstra menjaga tubuh tetap sehat agar puasa tetap lancar dan nyaman, aman dari flu, batuk, panas dalam, dan diare. Lantas bagaimana cara menjalani puasa supaya tetap sehat? Simak paparan empat tipsnya berikut ini.

1. Jangan kurang tidur: Alias tidur cukup, karena tubuh cenderung sudah akan mudah lelah serta mengantuk lantaran asupan makanan dan minuman di siang hari berkurang ketika puasa. Ditambah cuaca tidak menentu di musim pancaroba bisa mendorong tubuh semakin tidak fit. Pastikan cukup tidur selama 6-8 jam setiap malam. Tidur cukup, imunitas tubuh akan terjaga dengan baik.

2. Makan makanan dengan antioksidan: Jangan lupa mengonsumsi makanan yang mengandung zat antioksidan, penting untuk kesehatan seperti bayam, wortel, tomat, apel untuk menu santap sahur serta berbuka puasa. Antioksidan berguna untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel.

Follow Berita iNews Banten di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.