get app
inews
Aa Read Next : Banten Selatan Diguncang Gempa M5,7! Masyarakat Kira Kena Vertigo Dadakan

Wapres: Minta Agar Batamindo Green Farm Bantu Masyarakat Sekitar untuk Kembangkan Budidaya Pertanian

Kamis, 08 Juni 2023 | 10:38 WIB
header img
Wapres: Minta Agar Batamindo Green Farm Bantu Masyarakat Sekitar untuk Kembangkan Budidaya Pertanian (foto istimewa)

BATAM, iNewsBanten - Untuk mendukung ketahanan pangan, berbagai inovasi budidaya pertanian terus dikembangkan, salah satunya Plasma Farming (pertanian plasma).

Plasma Farming (Pertanian Plasma), sebuah inisiatif program CSR (Corporate Social Responsibility) yang dijalankan oleh Batamindo Green Farm, telah berperan penting dalam meningkatkan kualitas produksi petani lokal agar dapat bersaing di pasar internasional. 

Melalui program ini, Batamindo Green Farm memberikan pelatihan dalam teknik pertanian modern yang dipandu oleh tim agronomis yang berpengalaman dari Batamindo Green Farm. Selain itu juga memberikan modal usaha berupa pendanaan untuk pembelian bahan baku pertanian berkualitas kepada para petani. Dengan dukungan ini, petani lokal dapat mengadopsi metode pertanian yang lebih efektif dan modern, memanfaatkan teknologi terbaru serta praktik terbaik dalam rangka meningkatkan hasil panen dan kualitas produk mereka.

Batamindo Green Farm melakukan quality check terhadap hasil tanam petani plasma sesuai standar ekspor. Produk yang memenuhi standar langsung dipasarkan, tanpa perlu usaha tambahan dari petani dalam strategi pemasaran.

“Saya ingin bahwa selain kebun inti yang dilakukan perusahaan, itu juga ada kebun yang sifatnya [teknologi] plasma, yang [diberikan kepada] masyarakat. Sehingga masyarakat lebih terbantu,” tegas K.H. Ma'ruf Amin ketika meninjau Batamindo Green Farm, yang berlokasi di Jl. Gajah Mada KM. 9, Tiban Indah, Kota Batam, Kepulauan Riau. 

“Teknologi seperti ini juga kita ingin kembangkan di masyarakat yang lebih luas, walaupun mereka mandiri [menghasilkan produk pertanian] dalam bentuk [lahan pertanian] yang sedikit-sedikit,” tambahnya. 

Wapres pun mengapresiasi usaha yang telah dilakukan Batamindo Green Farm dalam menghasilkan produk sayuran yang berkualitas tinggi, tidak hanya untuk pasar dalam negeri, tetapi juga luar negeri, yaitu Singapura. 

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut