get app
inews
Aa Read Next : Suka Makan Gorengan saat Berbuka Puasa? Simak Penjelasan Dokter

5 Cara Ampuh Sembuhkan Masuk Angin, Jangan Dikerok

Kamis, 18 April 2024 | 10:35 WIB
header img
Cara menghilangkan Masuk Angin. (foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsBanten- Masuk angin merupakan istilah yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia ketika sedang merasa tidak enak badan karena angin yang masuk ke dalam tubuh secara berlebihan.

 Masuk angin menjadi salah satu penyakit yang kerap dialami orang Indonesia. Masuk angin biasanya sering dikaitkan dengan kondisi tidak enak badan. Lantas bagaimana cara menghilangkan masuk angin?

Masuk angin biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, seperti berada di ruangan ber-AC terlalu lama, letih karena terlalu banyak beraktivitas di luar rumah, tubuh yang terkena hujan atau tidak mengenakan jaket ketika malam hari, dan masih banyak lagi. Sebenarnya secara medis, istilah masuk angin sering dikaitkan dengan gejala penyakit flu.

Biasanya gejala masuk angin adalah badan demam dan lelah, bahu terasa keras ketika ditekan, kepala pusing, hidung tersumbat, perut kembung, mual, batuk, hingga radang tenggorokan. Jika sudah terserang gejala tersebut, penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengobati atau menghilangkan masuk angin.

Berikut 5 cara menghilangkan masuk angin dikutip dari berbagai sumber, Kamis (25/8/2022):

1. Banyak minum air putih

Cara menghilangkan masuk angin yakni menjaga tubuh dengan asupan cairan yang cukup. Pasalnya air akan membantu mengontrol suhu tubuh dan meringankan demam pada tubuh saat masuk angin. Ketika tubuh memiliki cukup cairan, tubuh bisa melakukan fungsinya dengan baik termasuk mengembalikan kekuatan sistem kekebalan tubuh Anda. Anda bisa mengonsumsi air putih atau teh manis hangat untuk membuat perut lebih nyaman dan mengurangi rasa mual serta kembung. Saat sedang masuk angin, sebaiknya hindari kafein dan minuman bersoda, karena hanya akan membuat perut semakin begah.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut