get app
inews
Aa Read Next : Mitos atau Fakta? Pasta Gigi dapat Menyembuhkan Luka Bakar, Ini Penjelasan Dokter

3 Cara Menyembuhkan Luka Bakar yang Benar, Aman dan Cepat Kering

Minggu, 23 Juli 2023 | 09:12 WIB
header img
Cara mengobati luka bakar agar cepat kering. (foto: istimewa)

Luka bakar tingkat satu

Cara mengobati luka bakar agar cepat kering lebih mudah. Pada luka bakar tingkat satu ditandai dengan warna merah namun kulit tidak melepuh. Beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain mengalirkan air dingin di atas luka bakar, hindari menggunakan es. Oleskan gel lidah buaya, pada luka bakar akibat sengatan matahari. Sedangkan untuk luka bakar termal, oleskan krim antibiotik dan tutupi dengan kain kasa. Anda juga dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas.

Luka bakar tingkat dua

Luka bakar tingkat dua ditandai dengan kulit yang melepuh dan menebal. Luka bakar tingkat dua memiliki perawatan yang serupa. Apoteker mungkin akan meresepkan krim antibiotik yang lebih kuat untuk membunuh bakteri. Mengangkat area yang terbakar dapat mengurangi nyeri dan bengkak. Bilas kulit dengan air dingin selama 15 menit atau lebih. Minum obat nyeri seperti acetaminophen atau ibuprofen. Mengoleskan krim antibiotik untuk luka

.Luka bakar tingkat tiga

Cara mengobati luka bakar agar cepat kering harus diperhatikan pada tingkat tiga. Luka bakar tingkat tiga yang paling parah. Luka bakar ini menyebabkan kerusakan paling parah, meluas ke setiap lapisan kulit, dengan tampilan putih kasar

Luka bakar tingkat tiga

Cara mengobati luka bakar agar cepat kering harus diperhatikan pada tingkat tiga. Luka bakar tingkat tiga yang paling parah. Luka bakar ini menyebabkan kerusakan paling parah, meluas ke setiap lapisan kulit, dengan tampilan putih kasar. 

Pada luka bakar tingkat tiga, tingkat kerusakannya sangat luas sehingga mungkin tidak ada rasa sakit karena kerusakan saraf. Tidak diketahui pasti berapa lama penyembuhan total untuk luka bakar tingkat tiga. Bagi Anda yang mengalami luka bakar tingkat tiga, disarankan untuk melakukan perawatan dari dokter yang ada di rumah sakit paling dekat.

Itulah cara mengobati luka bakar agar cepat kering yang bisa diperhatikan. 

Sumber:

https://www.inews.id/amp/lifestyle/health/3-cara-mengobati-luka-bakar-agar-cepat-kering-jangan-sembarangan-pakai-obat/2

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut