get app
inews
Aa Read Next : Telpon Lewat WA Sering Mengalami Mati? Berikut Beberapa Kendala yang Harus Anda Cek

Pengguna WhatsApp Perlu Waspada Penipuan! Berikut 5 Modus yang Sering Digunakan

Kamis, 15 Februari 2024 | 10:58 WIB
header img
Berikut 5 Modus Penipuan dalam WhatsApp (doc istimewa)

3. Link 'View'

Kini marak juga modus penipuan yang mengirimkan 'link view'. Hal itu ternyata merupakan trik baru pencurian data atau phishing. Nantinya penipu akan memasang malware di ponsel korban. Jika menerima modus tersebut, jangan ragu untuk segera memblokir nomor tersebut dan jangan meng-klik 'link view' yang dikirimkan penipu.

4. Modus Akun Centang Hijau

Ada pula modus centang hijau yang berkedok akun ofisial perbankan atau e-commerce. Biasanya akun resmi punya tanya centang hijau di sebelah kanan nama dan bukan sekedar emoji. Selain itu akun resmi tidak akan meminta data pribadi pengguna dan hanya menjalankan komunikasi satu arah.

5. Modus Promo dengan Link mencurigakan

Penipuan di WhatsApp juga bisa berkedok promosi. Biasanya korban akan teriming-imingi oleh promo menarik yang justru mengarahkan mereka ke link phishing yang bertujuan mencuri informasi pribadi di handphone.

Untuk melindungi kelima modus penipuan tersebut ada baiknya pengguna WhatsApp selalu berhati-hati saat menerima pesan dari nomor yang tidak dikenal. Jika mengalami lima modus yang disebutkan, jangan lupa mudah untuk tertarik dan segera blokir nomor tersebut.

Artikel ini telah tayang dengan judul https://techno.okezone.com/read/2023/08/04/54/2857630/waspada-ini-5-modus-penipuan-yang-sering-terjadi-di-whatsapp

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut