get app
inews
Aa Read Next : Perut Terasa Kembung Setelah Makan, Mungkin 5 Cara ini Ampuh untuk Mengurangi Hal Tersebut

Tempe Makanan Tradisional Terenak di Dunia Asli Indonesia

Jum'at, 19 April 2024 | 02:48 WIB
header img
Tempe jadi makanan terenak di dunia. (foto: istimewa)

JAKARTA, iNewsBanten- Indonesia harus berbangga hati sebab tempe goreng yang merupakan salahsatu makanan tradisionel khas Tanah Air dinobatkan menjadi makanan vegan terenak di dunia posisi keempat oleh Taste Atlas.

Tempe goreng asli Indonesia dinobatkan menjadi makanan vegan terenak di dunia posisi keempat oleh Taste Atlas. Tentu ini jadi kebanggaan karena makanan yang dianggap 'kampungan' bisa berada di posisi puncak dunia.

Tempe adalah salah satu makanan tradisional khas Indonesia. Makanan ini banyak diproduksi di pulau Jawa, tepatnya di Jawa Tengah dan sekitarnya. Makanan vegan ini terbuat dari biji kedelai yang difermentasikan dengan ragi tempe. Lewat proses fermentasi tersebut biji kedelai mengurai menjadi senyawa yang lebih mudah dicerna tubuh.

Menurut laporan Badan Standardisasi Nasional (BSN), tempe seutuhnya berasal dari Indonesia, bukan makanan yang dibawa oleh negara lain yang masuk ke Indonesia. Tidak jelas kapan pertama kali tempe dibuat, tapi sejak beradab-adab silam, makanan tradisional ini sudah dikenal masyarakat Jawa, khususnya di Yogyakarta dan Surakarta.

"Dalam manuskrip Centhini, ditemukan bahwa masyarakat Jawa pada abad ke-16 telah mengenal tempe," kata laporan tersebut, dikutip Senin (24/4/2023).

Pada manuskrip itu, tempe disebutkan sebagai hidangan bernama jae santen tempe (sejenis masakan tempe dengan santan) dan kadhele tempe srundengan. Asal usul kata tempe diduga berasal dari bahasa Jawa Kuno. Pada masyarakat Jawa Kuno, dikenal suatu makanan berwarna putih yang terbuat dari sagu, makanan itu bernama tumpi.

Makanan bernama tumpi itu dipercaya punya kesamaan dengan tempe segar yang juga berwarna putih. Dari sanalah dipercaya asal usul kata tempe.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut