Logo Network
Network

Motor Anda Sering Mogok dan Susah Dihidupkan? Yuk Coba Cek 8 Komplemen ini, Mungkin Harus Diganti

Muhammad fadil
.
Rabu, 21 Februari 2024 | 01:04 WIB
Motor Anda Sering Mogok dan Susah Dihidupkan? Yuk Coba Cek 8 Komplemen ini, Mungkin Harus Diganti
Ilustrasi pengapian motor (doc istimewa)

CILEGON, iNewsBanten - Motor susah dinyalakan bisa dipengaruhi sejumlah faktor. Namun satu yang paling penting adalah pada proses pengapian. 

Kendaraan bermotor memiliki ruang bakar untuk mendorong adanya pergerakan pada motor untuk bisa melaju. Apabila tidak ada proses pengapian pada bagian tersebut, secara otomatis motor tidak bisa dihidupkan.

Lebih lanjut, ada sejumlah faktor yang membuat pengapian pada sepeda motor bermasalah, mulai dari situasi ringan hingga memerlukan seorang ahli untuk memperbaikinya. Berikut penyebab motor yang tidak ada pengapian seperti dibagikan Suzuki.

1. Kehabisan Bahan Bakar

Penyebab motor tidak ada pengapian bisa disebabkan kendaraan yang kehabisan bahan bakar. Sehingga, hal inilah yang membuat pengapian tidak menyala dan motor tidak bisa berjalan.

2. Kerusakan pada Aki Motor

Masalah pengapian kendaraan yang tidak menyala dapat terjadi akibat kerusakan pada aki motor, terutama bagi Anda yang menggunakan motor injeksi. Untuk memeriksanya, harus datang ke bengkel untuk mengetahui tegangan listrik yang dikeluarkan aki tersebut.

3. Tidak Muncul Percikan pada Busi

Busi adalah salah satu komponen motor yang bisa menjadi penyebab motor tidak ada pengapian. Hal ini karena busi berfungsi untuk mengubah tegangan listrik dari koil ke percikan api agar motor bisa menyala.

Untuk melakukan pengecekan pada bagian ini, Anda perlu membuka busi dari tempatnya. Setelah dicek, baru tempelkan kembali pada blok mesin. Jika muncul percikan api, maka busi tak bermasalah, tapi cara ini perlu dilakukan dengan hati-hati karena ada arus listrik yang cukup tinggi.

4. Kerusakan pada Koil

Ketika motor tiba-tiba mogok dalam perjalanan, bisa jadi hal tersebut diakibatkan koil yang rusak. Koil juga merupakan salah satu komponen pada motor yang berfungsi membuat arus listrik.

Koil menjalankan tugasnya dibantu oleh aki yang agar aliran listriknya menjadi lebih besar. Misalnya sebuah aki berukuran 12 volt, maka koil akan melipatgandakannya menjadi lebih besar.

Untuk itu, perlu mengecek apakah kabel koil putus atau terdapat kerusakan pada sistem pengapiannya. Jika memang ada gejala kerusakan, sebaiknya segera diperbaiki atau diganti dengan komponen yang baru.

Follow Berita iNews Banten di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.