get app
inews
Aa Read Next : Pemilihan Ketua Kadin Kota Cilegon Resmi Ditunda Setelah Pilkada Serentak 2024

Jorok, Ini Penampakan Sampah Bantaran Sungai TPS Pasar Kranggot Cilegon

Rabu, 11 Oktober 2023 | 15:03 WIB
header img
Kondisi sampah yang menumpuk di sungai dekat pasar kranggot (madsari)

CILEGON, iNewsBanten – Demi mewujudkan kebersihan lingkungan pasar, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon mengangkut sampah yang ada di Pasar Kranggot. Upaya itu dilakukan untuk meminimalisir penumpukan sampah yang terjadi di Pasar Kranggot setiap harinya, Selasa (11/10/2023).
 
Melalui UPTD LH Unit 04 Wilayah Jombang-Purwakarta, Hukma menjelaskan, dalam mewujudkan keindahan, kebersihan yang nyaman, Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon tidak bisa sendiri, perlu melibatkan organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya seperti Duta LH.

Dalam penanganan kebersihan bantaran kali salah satunya. LH Kota Cilegon tidak bisa sendiri, butuh bantuan dari UPTD Lingkungan Hidup (LH) dan Duta LH  sebagai OPD teknis yang menangani persoalan tersebut.

"Untuk itu, setelah kita berkoordinasi dengan DLH, upaya untuk memebrsihkan sampah ini dilakukan," ujar Hukma.

Ia menjelaskan, sampah menjadi problem di semua daerah, karena itu, upaya penanganan tersebut terus dilakukan meskipun hanya sekedar meminimalisir.

Sementara itu, Duta LH Kota Cilegon, Komarudin alias Kang Komeng sapaan akrabnya, disini (bantaran sungai -red) ternyata banyak sampah menumpuk, padahal sudah dibersihkan masih ada lagi. Target kami nol sampah di bantaran sungai ini, budaya bersih harus diterapkan biar tidak ada lagi yang buang sampah sembarangan, sedang kita bersihkan dan dilakukan selama 5 hari, sampah tersebut langsung kita angkut memakai armada atau dibuang ke TPA," Singkatnya.

Selain itu, Kepala Pasar Kranggot Cilegon, Dani. R, mengaku menargetkan untuk tidak ada lagi sampah yang berserakan di sepanjang bantaran sungai (TPS) Pasar Kranggot. Kuncinya, sambung Dani, perlu adanya dukungan dari seluruh pedagang dan masyarakat umum.

Dijelaskan Dani, Disperindag Kota Cilegon melalui UPTD telah berkoordinasi dengan DLH Kota Cilegon termasuk ke UPTD Pasar Kranggot untuk mewujudkan bantaran sungai Pasar Kranggot bersih dari sampah. Sosialisasi dan pembinaan kepada pedagang sudah dilakukan. Ucapan apresiasi dan terimakasih kepada DLH Kota Cilegon.

"Kami selalu himbau juga kepada para pedagang harus menyiapkan plastik untuk membuang sampah dan tidak boleh membuang sampah sembarangan, agar sampah tidak berserakan atau menumpuk, bila perlu kita pasang CCTV untuk pantau pembuangan sampah dan bekerjasama dengan pihak sponsor," Pungkasnya.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut