get app
inews
Aa Read Next : Viral! Video Dugaan Kecurangan Aplikasi Sirekap Suara Presiden di salah Satu TPS di Kabupaten Serang

Pakar Sebut Server Sirekap Terhubung ke Alibaba Cina

Minggu, 18 Februari 2024 | 12:40 WIB
header img
Komisi Pemilihan Umum. Dok. iNews.id

JAKARTA, iNewsBanten - Komisioner KPU Betty Epsilon Idroos membantah server Sirekap terhubung dengan Alibaba di Singapura. Ia membantah pernyataan Pakar telematika Roy Suryo mengungkapkan bahwa server situs pemilu2024.kpu.go.id untuk konversi suara sementara Pemilu 2024 terhubung dengan server Alibaba Cloud di Singapura

Ahli Telematika dan Artificial Intelejen, DR Roy Suryo menghendaki agar diadakannya audit forensik terhadap IT KPU. Hal itu diungkapkan Roy dalam siaran langsung di kanal YouTube, Sabtu (17/2/2024).

" Banyak sekali media yang meminta saya untuk mengungkap kecurangan ini, dan tanpa mengurangi penjelasannya secara ilmiah", ujar Roy.

Sistem SIREKAP yang berbasis OCR (Optical Character Recognizer) dan OMR (Optical Mark Reader) ini belum diuji dan diawasi secara independen. " Sistem ini sudah bisa dibilang "kuno" semenjak 110 tahun silam (1914). SIREKAP ini belum diuji dan diawasi secara independen untuk 38 provinsi, katanya.

Namun ironisnya KPU tidak bisa memanfaatkan secara maksimal, bahkan lebih bisa disebut asal-asalan karena saking banyaknya kesalahan teknis sampai menjadikanya Trending Topic selama beberapa hari terakhir, memalukan, ujar Roy.

Sertifikasi yang hanya dari Kominfo bukan dari lembaga yang independen, membuat dipertanyakan ketangguhan sistem ini. Seperti banyak kesalahan desimal yang sampai ribuan, terus adanya algoritma dan kesalahan yang nyaris terstruktur dan sistematis (TSN).

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut