get app
inews
Aa Read Next : 4 Keistimewaan Sedekah, Bisa Mendamaikan Orang Berselisih

Keutamaan Malam Nisfu Sya’ban, Yuk Raih dengan Amalan Ini

Sabtu, 24 Februari 2024 | 13:14 WIB
header img
Ilustrasi malam Nisfu Sya'ban

JAKARTA, iNewsBanten- Malam Nisfu Sya’ban adalah malam yang mulia dan istimewa dalam Islam. Karena itu umat islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan pada hari tersebut.

Ada beberapa amalan malam Nisfu Syaban yang perlu diketahui. Malam Nisfu Syaban akan jatuh pada malam hari Sabtu, 24 Februari 2024.

Malam tersebut adalah malam yang istimewa karena akan ada banyak pertolongan dari Allah untuk hambaNya. Maka dari itu, umat muslim akan berbondong-bondong untuk memperbanyak ibadah di malam tersebut.

Adapun deretan amalan malam Nisfu Syaban, yang dilansir iNews.id dari berbagai sumber, Rabu (21/2/2024), adalah sebagai berikut.

Amalan Malam Nisfu Syaban

Malam Nisfu Sya'ban, atau malam pertengahan bulan Sya'ban, merupakan waktu di mana amalan manusia diangkat ke langit Allah Ta'ala. Oleh karena itu, manusia dianjurkan untuk memperbanyak puasa sunah.

Penjelasan ini disampaikan oleh Rasulullah melalui hadis yang diriwayatkan oleh Usamah bin Zaid RA, “Bulan itu, banyak manusia yang lalai, yaitu (bulan) antara Rajab dan Ramadhan, bulan diangkatnya amal-amal kepada Rabb semesta alam, dan aku ingin amalku diangkat dalam keadaan aku sedang berpuasa.”

Namun, mengenai ibadah khusus di malam Nisfu Sya’ban, Wakil Ketua Lembaga Dakwah Khusus (LDK) PP Muhammadiyah, Agus Tri Sundani, menyatakan bahwa Muhammadiyah tidak mengenal ibadah khusus meski terdapat banyak hadis yang menyinggung keutamaan malam itu.

Baginya, umat muslim dapat melakukan berbagai ibadah tanpa mengkhususkan satu bentuk ibadah tertentu. Menurut Agus, tradisi di mana orang berkumpul di masjid pada malam Nisfu Sya’ban untuk membaca Yasin dan sebagainya tidak pernah disyariatkan.

Meskipun beberapa ulama menganggap malam tersebut sebagai waktu di mana pahala amalan diangkat, namun lebih ditekankan untuk memperbanyak amal.

Dalam hadis Abu Tsa’labah dan Abu Musa, Rasulullah menyebutkan bahwa Allah memberikan ampunan di malam Nisfu Sya’ban, kecuali bagi orang musyrik dan pendengki.

Amalan-amalan Sunnah di Bulan Syaban

Beberapa amalan yang dikerjakan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam khusus pada bulan Sya’ban antara lain:

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut