get app
inews
Aa Read Next : Antre 10 Jam Tak Kunjung Masuk Kapal, Pemudik Protes di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak

Persiapan Angkutan Lebaran 2024, Hubdat Bahas Upaya Antisipasi Kepadatan di Pelabuhan Merak

Kamis, 14 Maret 2024 | 14:49 WIB
header img
Saat jumpa pers Dirjen Hubungan darat (Hubdat) bajas arus mudik lebaran tahun 2024 (Foto:list iNewsBanten)

CILEGON, iNewsBanten- Pemerintah menyiapkan berbagai aspek dan strategi menghadapi arus mudik Lebaran Idul Fitri 2024, Salah satunya di Kota Cilegon, Banten yang menjadi penghubung Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera. Terlebih jumlah masyarakat yang akan mudik tahun ini diprediksi meningkat tajam.

Saat jumpa pers Dirjen Hubungan darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan Hendro, mengatakan dengan menghadapi arus mudik lebaran tahun 2024 ini pasti mengalami kenaikan yang signifikan pemudik yang akan menyebrangi Selat Sunda, pemerintah akan mengoperasikan 3 pelabuhan di Kota Cilegon, Banten untuk mengantarkan masyarakat menuju Pulau Sumatera, yakni Pelabuhan Merak, Pelindo, serta Pelabuhan BBJ Bojonegara milik swasta.

Sehingga total ada 11 dermaga yang akan beroperasi pada musim arus mudik Lebaran 2024, tujuh di antaranya berada di Pelabuhan Merak yang dikelola PT ASDP Indonesia Ferry.

"Beberapa hal yang kami koordinasikan, melakukan penambahan jumlah pelabuhan, dan sudah di sepakati, Ciwandan (Pelindo) menambah pelabuhan milik suwasta dan satu lagi dari BBJ, untuk Pelabuhan Ciwandan, akan kembali dioperasikan untuk melayani pemudik kendaraan roda dua atau motor, untuk kendaraan truk yang dikecualikan golongan VI dan VII di drmaga reguler serta dermaga BBJ," ujar Hendro.

Lanjut Dirjen Hubungan darat (Hubdat) Hendro saat meninjau kesiapan arus mudik Lebaran di Dermaga Eksekutif Merak, Masyarakat juga diimbau membeli tiket minimal 1 hari sebelum keberangkatan untuk mempermudah pengaturan jadwal, rekayasa lalu lintas, hingga penyediaan armada kapal yang akan dioperasikan.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut