get app
inews
Aa Read Next : Begini Cara Menghilangkan Bau Kaki di Sepatu, Mudah dan Ampuh

Tiga Waktu Tidur yang Dilarang Menurut Islam, Ini penjelasannya!

Selasa, 14 Mei 2024 | 07:38 WIB
header img
Ilustrasi tidur. FOTO: ist

JAKARTA, iNewsBanten- Segala tingkah laku dan sikap yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW sudah sepatutnya menjadi teladan bagi umat muslim.

Islam mengatur kapan kita harus tidur. Kita tidak bisa sembarangan tidur pada setiap harinya. Apalagi menggunakan satu hari full hanya untuk tidur.

Itu bukan termasuk dalam ajaran Islam. Tetapi islam mengajarkan dan menganjurkan untuk kita tidak tidur pada 3 waktu tertentu.

Tahukah Anda kapan saja waktu tidur yang Allah benci? Nah, untuk mengetahui bagaimana dan kapan waktunya, simak penjelasannya berikut ini.

Tidur Ba’da Salat Subuh

Salah satu dalam 3 waktu yang dilarang untuk tidur adalah setelah salat subuh. Allah membenci siapapun yang tidur pada waktu tersebut. Ketahuilah bahwa usai salat subuh itu memiliki persamaan dengan hailullah.

Sedangkan kata hailullah itu sendiri berasal dari kata hala-yahuulu-haulan. Artinya adalah menghalangi atau mencegah.

Pernahkah Anda tidur pada waktu terlarang ini? Pasti pernah. Sebab, waktu ini memang sangat nyaman untuk kita tidur lagi.

Alasan dilarang nya tidur ba'da shalat subuh adalah bisa mengurangi produktivitas kita, sebab bingung dan bangunnya kesiangan. Selain itu, juga menjadi penghalang datangnya rezeki ketika pagi hari.

Bukankah dalam hadis Nabi Muhammad menjelaskan bahwa setelah melakukan salat subuh, jangan kembali tidur tanpa mencari rezeki (HR. Thabrani).

Sesudah Ashar Menuju Maghrib

Tidur setelah salat ashar menjelang maghrib juga termasuk dalam 3 waktu yang dilarang untuk tidur. Waktu ini terkenal dengan sebutan aylullah.

Kata tersebut berasal dari kata illat, maknanya adalah penyakit. Arti tersebut memang benar dengan apa yang akan terjadi jika kita tidur pada waktu terlarang tersebut.

Lebih tepatnya adalah efek yang buruk bagi kesehatan. Misalnya adalah akan menimbulkan penyakit, linglung, bisa juga malah stres.

Apakah hanya karena tidur saja, Anda mau mengalami akan semua kondisi dan efek tersebut? Siapa yang salah jika memang hal tersebut terjadi?

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut