get app
inews
Aa Read Next : PT PLN Indonesia Power UBP Banten 1 Suralaya Turut Serta Dalam Kegiatan Peringatan HANI 2024

Peringati Hari Pengayoman Ke-79 Kanim Cilegon Gelar Operasi Gabungan Laut Kendali Wilayah

Selasa, 30 Juli 2024 | 18:08 WIB
header img
Peringati Hari Pengayoman Ke-79 Kanim Cilegon Gelar Operasi Gabungan Laut Kendali Wilayah (Foto:List)

CILEGON, iNewsBanten - Dalam rangka memperingati hari Pengayoman ke-79 Kantor Imigrasi Cilegon berkolaborasi dengan kantor wilayah Kemenhumkam Banten dan anggota tim pengawas (Tim Pora) Kota Cilegon melaksanakan operasi gabungan laut, Selasa (30/7/2024).

Kegiatan operasi gabungan laut tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kantor wilayah Kemenhumkam Banten, Dodot Adikuoewanto yang diikuti oleh sejumlah instansi yang tergabung dalam tim Pora diantaranya; Kanim Tangerang, Kanim Cilegon, Kanim Serang, KSOP Banten, Lanal Banten, Polirud Banten, Polres Cilegon, Kodim Cilegon dan Forkominda Kota Cilegon.

Kegiatan tersebut diawali dengan apel pelepasan dihalaman kantor Imigrasi Cilegon dan lanjutkan dengan menyisir wilayah perairan Pulomerak melalui Pelabuhan Indah Kiat Cilegon.

Operasi gabungan tersebut menggunakan armada kapal laut milik Bea Cukai Merak dan Kesyahbandaran dan otoritas Pelabuhan KSOP Banten, sasaran dalam operasi gabungan tersebut adalah awak alat angkut asing yang berada diatas kapal perairan Pulomerak, sebanyak 2 alat angkut diperiksa dalam kegiatan operasi gabungan kali ini, diantara MV LA Stella berbendera Belgia dan LPG/C Hong Li yang berbendera China.

MV LA memuat 20 orang awak alat angkut dengan kewarganegaraan Ukraina dan Filipina sedangkan LPG/C Hong Li 18 orang awak alat angkat berkewarganegaraan China, Kepala kantor wilayah Kemenhumkam Banten, Dodot Adikuoewanto beserta Pintu Pratama di Lingkungan Kanwil Kemenhumkam Banten turun langsung dalam melakukan pemeriksaan di MV LA Stella, dalam kesempatan tersebut dilakukan pemeriksaan dokumen keimigrasian untuk seluruh awak alat angkut MV LA Stella, dikesempatan yang sama dilakukan juga pemeriksaan terhadap KPG/C Hong Li oleh petugas pendaratan Kantor Imigrasi Cilegon.

"Hasil dari pemeriksaan terhadap seluruh dokumen keimigrasian awak alat angkut pada kedua kapal tersebut dinyatakan tidak ditemukan pelanggaran keimigrasian, seluruh dokumen dinyatakan lengkap dan sesuai," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Kantor Imigrasi Cilegon Muhammad Deny Firmansyah mengatakan, dalam kegiatan operasi gabungan laut, menurutnya Kantor Imigrasi Cilegon akan bertindak tegas dalam melakukan penegakan hukum terhadap orang asing yang berada diwilayah Kota Cilegon.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut