get app
inews
Aa Read Next : Pengembangan Ekonomi dan Lingkungan Pertamina Patra Niaga RJBB Resmikan Program TJSL di Karawang

Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Berdayakan KWT lewat Budidaya Bayam

Jum'at, 16 Agustus 2024 | 22:48 WIB
header img
Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Berdayakan Kelompok Wanita Tani Lewat Budidaya Bayam (ist)

SERANG, iNewsBanten - Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat melalui  _Fuel Terminal_ (FT) Cikampek telah menggelar kegiatan pelatihan budidaya bayam pada Selasa (13/8) bagi kelompok wanita tani di Desa Pasirtanjung, Karawang. Acara ini berlangsung di Kebun Edukasi Masyarakat dan melibatkan berbagai pihak, termasuk Pemerintah Desa Pasirtanjung, Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pertanian Kecamatan Lemahabang serta Kelompok Wanita Tani Berkah Tani Sejahtera. 

Pelatihan ini adalah bagian dari inisiatif Pertamina untuk memberdayakan perempuan dan meningkatkan kemandirian ekonomi melalui pertanian. Dalam kerjasama dengan UPTD Pertanian Kecamatan Lemahabang, Pertamina memilih bayam sebagai tanaman fokus karena khasiatnya yang luar biasa yakni bayam kaya akan mineral dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh serta dapat membantu melawan radikal bebas. Pada acara ini, para peserta diberikan materi tentang budidaya bayam secara organik dan praktik pembuatan _Plant Growth-Promoting Rhizobacteria_ (PGPR), yang berfungsi memicu pertumbuhan tanaman, melindungi dari patogen, memperbaiki struktur tanah, serta mengikat logam berat, dan mendukung keberlanjutan lingkungan. 

Senior Supervisor HSSE & Fleet Safety Fuel Terminal Cikampek Arizky Rachmad Sudewo menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan memberikan motivasi pada masyarakat, terumata kaum perempuan dalam meningkatkan keterampilan dalam budidaya tanaman dan pada saat yang sama meningkatkan kesejahteraan ekonomi mereka dalam upaya peningkatan ketahanan pangan dan ekonomi lokal.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut