get app
inews
Aa Read Next : Pelantikan Pejabat Baru, Kakanwil Banten Dorong Integritas dan Kinerja yang Optimal

Pentingnya Demokrasi dalam Pilkada, Akademisi : Calon Pemimpin Tidak Boleh Tercela

Selasa, 27 Agustus 2024 | 09:16 WIB
header img
Pandangan Imam Sampurna, sebagai Akademisi dalam Pilkada 2024.

LEBAK, iNewsBanten - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sebentar lagi akan digelar, sebagai wujud dari demokrasi di Indonesia. Proses Pilkada menjadi salah satu pilar penting dalam sistem demokrasi Indonesia, mengingat seluruh masyarakat akan memilih secara langsung para pemimpin daerah mulai dari gubernur, bupati, hingga wali kota beserta wakil-wakil nya, yang akan diberi amanah untuk memimpin daerah tersebut, salah satunya pilkada di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

 

Imam Sampurna, Akademisi, menurutnya saat ini demokrasi tidak terlepas dari tugas negara yang memberikan produk demokrasi yang baik bagi masyarakat, untuk memilih pemimpinnya yang berkualitas atau bagaimana negara menyiapkan demokrasi ini dalam rangka menegakkan "Amar Ma'ruf nahi mungkar" yang tercermin dalam sila ke-empat.

 

"Artinya, negara kita ini dipimpin oleh orang-orang hikmah yang memberikan ruang demokrasi sehat, baik dan demokrasi yang berkualitas, termasuk memberikan politik edukasi ke masyarakat. Agar partisipasi pemilih meningkat, juga pemilihan masyarakat kepada pemimpinnya berdasarkan koridor-koridor kebenaran, berkualitas yang dibutuhkan di wilayahnya masing-masing," ucapnya. Senin, (27/8/2024).

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut