get app
inews
Aa Read Next : Pelantikan Pejabat Baru, Kakanwil Banten Dorong Integritas dan Kinerja yang Optimal

Viral, Sejumlah Siswa SMP Harus Naik ke Bukit untuk Cari Sinyal demi Mengerjakan Tugas ANBK

Sabtu, 07 September 2024 | 16:35 WIB
header img
Sejumlah siswa SMP Negeri 4 Muncang, Kecamatan Muncang, Kabupaten Lebak, Banten, terpaksa harus naik ke bukit demi mendapatkan sinyal untuk mengerjakan tugas sekolah. Foto: iNews/Fariz Abdullah

LEBAK, iNewsBanten.id - Beberapa siswa SMP Negeri 4 Muncang di Kecamatan Muncang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten harus melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di atas bukit karena daerah mereka mengalami kesulitan sinyal.

Puluhan siswa harus menempuh jarak 1,5 kilometer untuk mencapai dataran tinggi agar dapat memperoleh sinyal internet yang cukup. Hal ini diperlukan agar mereka bisa mengikuti program yang digagas oleh pemerintah pusat.

Proktor ANBK SMPN 4 Muncang, Hari Laksono, menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan di luar sekolah karena masalah sinyal atau blankspot ketika mencoba mengakses aplikasi ANBK.

“Di foto yang beredar, kegiatan dilakukan di bukit. Namun, belum semua siswa bisa mengerjakan karena sinyal yang sulit. Saat ini, baru 26 dari 40 siswa yang berhasil mengerjakan,” kata Hari Laksono kepada media pada Sabtu (7/9/2024).

Sebelum memutuskan untuk naik ke bukit, kegiatan ANBK telah dilakukan di beberapa lokasi, termasuk di dalam kelas, di belakang sekolah, dan tempat lain yang dianggap memiliki sinyal.

“Kami mulai mencoba di dalam kelas selama 30 menit, tapi mengalami gangguan. Kami kemudian berpindah ke belakang sekolah dan sempat mendapatkan dua bar sinyal, tapi tidak bertahan lama. Akhirnya, kami harus membawa 40 siswa ke atas bukit. Dalam perjalanan, baru 10 siswa yang berhasil menyelesaikan tugas karena komputer mengalami overheat dan mati total,” jelasnya.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut