5 Penyebab Lampu Sein Tidak Bisa Berkedip, Ini yang Sering Dilupakan

Tangguh Yudha
Lampu sein berfungsi sebagai sinyal atau bahasa isyarat kendaraan akan berbelok atau menepi. (Foto: Dok iNews.id)

SERANG, iNewsBanten - Lampu sein memiliki fungsi penting pada kendaraan. Lampu sein berfungsi sebagai sinyal atau bahasa isyarat kendaraan akan berbelok atau menepi. 

Tapi kadang kala lampu sein tidak dapat berkedip atau menyala. Ini sangat membahayakan berpotensi menimbulkan kecelakaan.  

Dilansir dari laman Auto2000, Rabu (3/8/2022), berikut lima penyebab lampu sein tidak bisa berkedip. 

1. Bohlam putus

Lampu sein yang tidak berkedip bisa diakibatkan karena bohlam putus. Ada dua alasan mengapa lampu bohlam dapat terputus yaitu penggunaannya tidak sesuai dan tegangan yang terlalu besar ataupun kecil. 

Lampu bohlam bisa rusak karena tidak mampu menahan arus listrik yang terlalu besar atau malah tegangannya terlalu kecil. Untuk itu pastikan menggunakan lampu bohlam berkualitas baik standar pabrikan.

2. Soket bermasalah 

Soket sebagai tempat menaruh lampu juga dapat menjadi penyebab mengapa lampu sein tidak berkedip. Soket bisa saja kotor karena debu atau kotoran yang menempel di dalamnya. 

Jika tidak dibersihkan maka wajar saja lampu sein tidak berkedip. Selalu pastikan kondisi soket bersih dan perhatikan saat memasang soket, jangan longgarbatau tidak sesuai tempatnya.

3. Flasher tidak berfungsi 

Flasher memiliki tugas untuk menyalurkan arus listrik ke lampu sein supaya dapat menyala dan berkedip. Setiap kali pengemudi menekan tuas sein maka sudah seharusnya lampu sein berkedip secara normal. 

Jika flasher rusak maka bisa dipastikan bahwa lampu sein juga tidak akan menyala. Pasalnya tidak ada arus listrik yang mencapai lampu sein. Kalau sudsh begini segera perbaiki atau ganti flasher dengan yang baru. 

4. Sistem kelistrikan bermasalah 

Penyebab selanjutnya ialah sistem kelistrikan yang bermasalah. Mengingat semua komponen mesin mobil mengandalkan komponen kelistrikan, maka perlu dicek kembali apakah semuanya tersambung dengan baik. 

Satu rangkaian saja rusak akan membuat berbagai komponen lain tidak bekerja optimal. Periksa kembali sistem kelistrikan dan pastikan semua berjalan normal agar bagian-bagian lain tidak terdampak. 

5. Aki sudah tekor 

Seperti diketahui bersama, aki menjadi sumber utama bagi lampu sein dan beberapa komponen lain untuk dapat menyala serta berfungsi. Apabila aki sudah tekor, maka dapat dipastikan lampu sein tidak akan berkedip. 

Editor : Mahesa Apriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network