Cacar Monyet Masuk Indonesia, Menkes: Jaga Prokes!

Kevi Laras , MNC Portal
Cacar monyet mewabah (Foto: Sun Live)

PENYAKIT Cacar Monyet telah dikonfirmasi masuk ke Indonesia, dengan jumlah satu kasus. Hal itu, memicu rasa khawatir di tengah masyarakat. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan pesan agar selalu mematuhi protokol kesehatan. Tidak lupa untuk segera melakukan pemeriksaan pelayanan kesehatan, bila timbul gejala.

Lebih lanjut, ia meminta agar masyarakat selalu menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih (PHBS). "Pesan saya satu prokes dijaga dan kebersihannya. Kalau ada orang -orang bintik-bintik segera laporkan, dan cacar monyet berbeda dengan cacar air," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam Konferensi Pers Health Working Group ke-3, di Kanal YouTube Kementerian Kesehatan, Senin (22/8/2022).

Tidak melakukan kontak secara langsung dengan orang-orang yang bergejala atau positif cacar monyet. Langkah tersebut untuk meminimalisir penularan virus zoonosis (virus ditularkan ke manusia dari hewan).

Kemudian, tidak perlu merasa cemas berlebihan. Dia menjelaskan bahwa tingkat fatalitasnya sangat rendah untuk cacar monyet.

"Jangan kontak sama mereka yang ada gejala, seperti bintik-bintik, ada nanahnya segera bawakan ke rumah sakit," jelasnya. "Mengenai perawatannya tidak perlu khawatir karena tingkat fatalitasnya tidak terlalu parah. Jadi jangan terlalu khawatir," imbuh Menkes Budi.

Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO) masa inkubasi cacar monyet biasanya dari 6 hingga 13 hari tetapi dapat berkisar dari 5 hingga 21 hari.

 

 

Editor : Mahesa Apriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network