get app
inews
Aa Read Next : Ternyata Minuman Berkafein Bisa Sebabkan Penyakit Diabetes! Pecinta Kopi Perlu Waspada nih

Kabar Baik! Kemenkes Sebut, Cacar Monyet Memiliki Tingkat Kematian Yang Rendah

Senin, 22 Agustus 2022 | 14:01 WIB
header img
Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin (ist)

SERANG, iNewsBanten - Kementrian Kesehatan RI, pada Sabtu 20 Agustus lalu resmi mengonfirmasi kasus pertama cacar monyet di Indonesia. Pasien positif cacar monyet pertama di Indonesia ini, merupakan pria berusia 27 tahun di DKI Jakarta.

Sudah masuknya cacar monyet di Indonesia, menambah kecemasan di tengah masyarakat. Terlebih lagi dengan situasi di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Namun, Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mengatakan penyakit cacar monyet memiliki tingkat fatalitas (bisa sebabkan perburukan atau kematian) yang rendah.

“Fatalitasnya masih sangat rendah, dari 35 ribu yang ada di WHO. Meninggal teridentifikasi hanya 12 orang yang meninggalnya bukan karena virusnya, tapi biasa karena secondary infection," kata Menkes Budi, dalam acara Konferensi Pers Health Working Group ke-3, dikutip dari kanal Youtube Kementerian Kesehatan, Senin (22/8/2022).

Ia melanjutkan, pada kasus infeksi cacar monyet yang meninggal, didominasi karena infeksi masuk ke dalam otak (miningitis) dan adanya pneumonia pada pasien.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut