Berikut 4 Cara Menghindari Anak Kecanduan Gadget, Ajak Aktifitas Bermain dan Belajar di Luar Ruangan

Wiwie Heriyani
Anak bermain gadjet jangan dibiasakan ( foto istimewa)

Diketahui perlombaan sepeda anak bertajuk JournalistMTB PushBike Race 2022 yang berlangsung di ground floor (GF) Grand ITC Permata Hijau, Jakarta, Sabtu (26/12/2022). Ada kategori boys dan girls untuk kelahiran 2016-2020 hingga kategori bergengsi FFA Boys dan Open Girls yang diperuntukkan maksimal kelahiran 2014. 

"Ini saatnya bagi pebalap usia dini kategori kelahiran 2014-2020 boys & girls menjadi yang terbaik di lomba penutup tahun," kata Fauzie.

3. Tentukan batas waktu 

Untuk menerapkan disiplin anak, ada baiknya orang tua menentukan batas waktu anak saat bermain, aktivitas fisik, hingga belajar. Jangan biarkan anak mengerjakan semua hal tanpa diawasi orang tua. Memang melihat anak mandiri sangat membahagiakan. Namun orang tua juga harus waspada agar anak-anak tetap terarah. 

4. Terapkan pola asuh zaman dulu

Tahukan Anda, orang tua di masa lalu tetap bisa melaksanakan semua pekerjaan dengan baik di saat belum ada penemuan teknologi tersebut sama sekali. Hal itu bisa jadi karena mereka pandai mengatur waktu dengan baik antara mengasuh anak sekaligus mengurus rumah tangga. Anak-anak di masa lalu juga sudah banyak membantu pekerjaan orangtuanya sejak usia dini. Selain meringankan pekerjaan Anda, hal itu juga dapat melatih kemandirian anak. Demi mengatasi anak dari kecanduan gadget, cobalah menerapkan kembali gaya pengasuhan zaman dulu. Anggap saja perangkat tersebut tidak ada dalam kehidupan kita.

Artikel ini sudah tayang di iNews.id 

https://www.inews.id/lifestyle/health/4-cara-menghindari-anak-kecanduan-gadget-ajak-olahraga-hingga-aktivitas-di-luar-ruangan

Editor : Mahesa Apriandi

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network