Secara kuantitatif, menurut Adi, banyak program yang direspon positif oleh masyarakat Tangsel, dengan angka kepuasan di atas 70 persen, antara lain penanganan covid-19 (86.6%), menyediakan kebutuhan pokok sehari-hari (79.2%), penyediaan sarana/prasarana pendidikan (75.8%), mempermudah pelayanan kantor Pemda (75.4%), penyediaan sarana/prasarana kesehatan (75.2%), bangun/perbaiki infrastruktur yang rusak (74%), mengatasi kriminalitas & rasa aman (73.2%), dan transportasi publik yang terkoneksi (71%).
Ada pun program yang angka penilaiannya di atas 50% diantaranya tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih (69.2%), pemberdayaan UMKM (66%), penegakan hukum (64%), memangkas biaya perizinan (63.4%), menangani masalah kekerasan perempuan & anak (62%), mengatasi masalah narkoba (59.4%), mengatasi masalah narkoba (59%), masalah sampah (54.8%), memberantas KKN di lingkungan Pemkot (52.8%), mengundang investor (51.6%), dan menangani masalah sosial (50.4%).
Sedangkan, program kerja yang masih dinilai kurang dari 50% yaitu mengatasi kemacetan (34.6%), menyediakan lapangan kerja (39.4%), dan mengatasi banjir (45.6%). Untuk masalah sampah, angka yang tidak puas masih sekitar 44.6%.
"Pemkot harus kerja lebih keras lagi menyelesaikan persoalan utama di Tangsel, yakni macet, banjir, sampah, termasuk lapangan kerja. Jika itu diselesaikan secara tuntas, maka kami prediksi di tahun depan kepuasan publik akan semakin tinggi, bisa di atas 80%," tandas mahasiswa semester akhir program pascasarjana FIB Universitas Indonesia ini.(*)
Editor : Mahesa Apriandi
Artikel Terkait