Ini Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Lele untuk Kesehatan

Hasyim Ashari
Mengenal manfaat ikan lele untuk kesehatan (Foto: Instagram@ shantialfarokh)

3. Mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi

Ikan lele memiliki daging berwarna putih dan relatif kurus dengan kandungan lemak yang sedikit. Bahkan, fillet ikan lele dapat menyediakan Anda dengan 600 mg omega-3 asam lemak. Sementara varietas ikan berminyak lainnya mungkin mengandung jumlah omega-3 yang relatif lebih rendah.

Asam lemak omega-3 dikenal karena perannya yang potensial dalam menjaga kesehatan jantung dan membantu fungsi otak yang tepat.

4. Kaya akan Vitamin D

Vitamin D memang bisa didapatkan melalui paparan sinar matahari pagi, tetapi itu saja mungkin tidak cukup. Anda bisa mengonsumsi lele untuk mendapatkan asupan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh. Pasalnya, vitamin D ini sangat penting bagi kesehatan tulang karena mengontrol pertumbuhan sel di seluruh tubuh, membantu tubuh untuk menyerap kalsium, dan menjaga fungsi sistem imunitas tubuh.

5. Menurunkan risiko stroke

Satu lagi manfaat ikan lele yang perlu Anda ketahui, yakni dapat menurunkan risiko stroke. Khasiat ini didapat dari kandungan kalium pada ikan lele.

Kalium diketahui menjaga kesehatan otot, saraf, sekaligus pembuluh darah sehingga dapat menurunkan penyakit stroke, yakni kondisi yang disebabkan oleh asupan darah ke otak yang terganggu. Jika asupan kalium tercukupi dengan baik, risiko penyakit stroke dapat menurun.

Sumber:

https://www.inews.id/travel/kuliner/mengenal-manfaat-ikan-lele-untuk-kesehatan-ternyata-bisa-cerdaskan-otak

Editor : Mahesa Apriandi

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network