MUI Tegaskan! Masyarakat Muslim Indonesia Boikot Produk Israel dan Dukung Kemerdekaan Palestina

Awan Setiawan / Hantoro
Ilustrasi dukungan terhadap kemerdekaan Palestina (doc istimewa)

CILEGON, iNewsBanten - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Fatwa Profesor Asrorun Niam Sholeh mengatakan bahwa setiap individu memiliki peran dalam mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina. Masyarakat pun diajak menghindari segala bentuk kolaborasi dengan pihak-pihak yang mendukung penjajahan dan kejahatan kemanusiaan.

"Kalau kita pengusaha, kita harus memastikan bahwa aktivitas usaha kita tidak berkolaborasi dengan pihak-pihak yang mendukung penjajahan," ujarnya dalam Forum Ukhuwah Islamiyah bertajuk "Ukhuwah Islamiyah dalam Polemik Afiliasi Israel" di Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta, Rabu 31 Juli 2024, dikutip dari mui.or.id.

Ia mengatakan, MUI selalu konsisten mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina melalui berbagai fatwa dan kebijakan.

Salah satu fatwa yang dikeluarkan adalah Fatwa Nomor 83 Tahun 2023, menegaskan dukungan terhadap perjuangan Palestina, termasuk seruan memboikot produk-produk yang berafiliasi dengan Israel. 

Hasil penelitian akademik menunjukkan bahwa fatwa ini efektif diikuti oleh lebih dari 98 persen responden dan memberi dampak ekonomis yang signifikan.

"Beberapa brand yang terafiliasi dengan Israel mengalami penurunan drastis, sementara yang merasa tidak berafiliasi tetapi diboikot silakan klarifikasi kepada MUI, MUI tidak membiarkan situasi menghukum orang yang tidak salah," ungkap Prof Asrorun.

Editor : Mahesa Apriandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network