Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Ramaikan Festival ESG Pertamedika IHC 2024

Erdi
Jebolan UMK Academy Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Ramaikan Festival ESG Pertamedika IHC 2024 (ist)

“Berawal saat Pertamina datang ke Desa Walahar, memberikan cahaya baru bagi masyarakat yang pada saat itu pengangguran seperti wabah sehingga muncul pertama sekali Program Nawacita yang sekarang di-upgrade menjadi program Desa Energi Berdikari. Tentunya, yang tadinya banyak masyarakat pengangguran, kurang lebih 80 masyarakat merasakan dampaknya. Sangat masif dan saya sangat bersyukur dengan kehadiran program ini,” tutur Ubed. 

Sejak tahun 2020, Pertamina JBB telah melaksanakan Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Pesona Walahar Creative Destination (Nawacita) di Desa Cinta Ekowisata Walahar, Karawang. Program ini bertujuan mendukung kemandirian masyarakat setempat dan mengembangkan potensi sumber daya lokal seperti pemberdayaan eceng gondok, kopi, ukiran kayu dan pengolahan limbah wisata menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi. 

Sejak tahun 2022, Program Nawacita di Desa Walahar telah di-upgrade menjadi Program Desa Energi Berdikari Pertamina. Dalam Kolaborasi dengan Komunitas Society of Renewable Energy (SRE), Pertamina memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Desa Walahar dengan kapasitas 2,2 kWp. PLTS ini memberikan akses energi bersih yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan operasional ekowisata danau cinta, termasuk Workshop, Gallery UMKM dan Coffee & Resto. Eceng gondok yang melimpah di area ekowisata danau cinta kini dimanfaatkan sebagai energi alternatif biomassa yang menghasilkan biogas.



Editor : Mahesa Apriandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network