get app
inews
Aa Read Next : Terkait Narkoba, Aktor Preman Pensiun Epy Kusnandar Berurusan dengan Polisi

6 Cara Cerdas Mengatur Keuangan Bekal di Hari Tua Yang Cerah

Sabtu, 04 Mei 2024 | 17:07 WIB
header img
Ilustrasi Hari Tua (doc Istimewa)

Namun banyak anak muda yang cenderung melupakan cara mengatur keuangan karena fokus pada hal-hal yang ingin dinikmati di masa kini, terutama petualangan (advenyure) dan kesenangan (pleasure). 

Padahal mampu mengatur keuangan adalah salah satu ciri orang dewasa. Begitu kamu memasuki usia dewasa (18 tahun), mulailah berpikir untuk masa depan yang cerah, termasuk masa tua yang bahagia.

Satu hal yang perlu disadari, justru usia muda adalah waktu yang tepat untuk mengatur keuangan agar masa depan cerah alias terjamin dan terhindar dari kesulitan. 

Sebenarnya, ada rumus sederhana untuk mengatur keuangan, yakni menabung, proteksi, dan investasi (saving, protection, and investment). 

Artinya, kamu harus memulai mengatur keuangan dari menabung, kemudian memilih proteksi yang sesuai (misalnya dana darurat, dana pensiun, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan), dan melakukan investasi. 

Tak perlu menunggu memiliki penghasilan tinggi, ada beberapa cara mengatur keuangan yang dapat membantumu meraih masa depan cerah.  

Berikut adalah 5 cara cerdas mengatur keuangan untuk masa depan cerah: 

1. Menabung

Jangan remehkan menabung. Kebiasaan menabung berapapun besarnya, merupakan hal dasar dalam mengatur keuangan. 

Menabung sangat penting diterapkan setiap anak muda. Pasalnya, menabung bukan hanya soal menyisihkan pendapatan, tetapi juga melatih kemampan mengendalikan diri. Tentunya, mengendalikan kamu dari pengeluaran yang tak perlu. 

Itu sebabnya, sejak muda biasakan menabung. Jika masih sekolah atau kuliah, sisihkan uang jajan kamu untuk ditabung. Jika sudah bekerja, buat anggaran khusus untuk tabungan, terutama tabungan berjangka yang tak bisa diambil sesuka kamu.

2. Simpan Dana Darurat

Meskipun sifatnya merupakan tabungan, tapi dana darurat berbeda dengan tabungan biasa. Sesuai namanya, dana ini hanya digunakan untuk keperluan darurat, misalnya biaya pengobatan atau operasi, kecelakaan atau kebakaran.

Dengan menyimpan dana darurat, secara tidak langsung kamu sedang menjamin masa depan kamu dari berbagai kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi meskipun tak diinginkan.    

3. Siapkan Dana Pensiun

Salah satu bentuk tabungan untuk masa depan cerah adalah menyiapkan dana pensiun. Biasanya saat kita bekerja di instansi pemerintah atau perusahaan swasta, ada fasilitas dana pensiun yang dipotong dari penghasilan kita. 

Namun bagi kamu yang merintis bisnis atau menjadi pekerja lepas, jangan lupa untuk menyiapkan dana pensiun dengan menyisihkan penghasilan kamu secara berkala. 

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut