get app
inews
Aa Read Next : Bahaya Mengintai Anda Dengan Keadaan Ban Mobil Yang Kurang Angin, Begini Penjelasannya

Sering Dianggap Sepele, Ini 5 Penyebab Aki Soak

Senin, 15 April 2024 | 19:00 WIB
header img
Aki mobil (doc Istimewa)

SERANG, iNewsBanten -  Aki menjadi komponen krusial pada mobil. Fungsinya adalah sebagai sumber energi bagi mobil. Tapi sayangnya aki bisa bermasalah, salah satu yang sering terjadi adalah aki tiba-tiba rendam.

Kalau sudah begini, mesin akan susah distarter. Tentu akan sangat mengganggu terlebih bila dalam keadaan genting. Untuk itu bagi pengendara mobil penting mengetahui sebab-sebab aki rendam.

Ada penyebab beberapa utama aki mobil tiba-tiba berendam. Apa saja? Berikut paparan lengkapnya, seperti dilansir dari laman resmi Hyundai:

1. Mobil Yang Jarang Digunakan

Penyebab utama aki mobil tiba-tiba basah adalah karena mobil jarang digunakan. Perlu diketahui, mobil yang lama tidak digunakan membuat mesin tidak panas.

Secara otomatis, aki tidak akan mendapat pasokan listrik yang cukup. Akibatnya, kapasitas kinerja aki akan kurang maksimal. Lama kelamaan, aki menjadi tekor dan kendaraan sulit dihidupkan kembali.

Satu satunya gejala kerusakan aki yang bisa dideteksi sebagai akibat mobil yang jarang digunakan, adalah semua komponen listrik tidak menyala dengan sempurna.

Untuk menghindari hal ini, biasakan memanaskan mobil meski tidak sedang bepergian. Panaskan mobil setidaknya satu kali seminggu agar asupan tegangan listrik agar aki bekerja optimal.

2. Aksesoris Mobil yang Lebih Banyak

Penggunaan aksesoris yang berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan pada mobil. Hal ini karena beberapa aksesoris mobil dapat menguras tenaga aki secara berlebihan hingga membuat kekuatan aki berkurang.

Salah satu aksesoris yang dapat menyita tenaga aki adalah sistem audio dan lampu proyektor. Jadi, sebelum menggunakannya, pastikan dulu kapasitas aki sesuai, jangan memaksakan menggunakan aksesoris yang menyedot daya.

3. Terlalu Sering Menggunakan Mobil

Penggunaan mobil secara terus menerus ternyata juga dapat membuat aki rendam. Pasalnya, mobil yang digunakan dengan intens tentu membutuhkan daya listrik yang cukup besar.

Melalui kondisi tersebut, mobil akan dipaksa bekerja ekstra untuk dapat menyalurkan tegangan listrik. Hal inilah yang menyebabkan aki mobil habis sendiri dan mengakibatkan aki tekor.

Penggunaan mobil yang intens dapat mengurangi umur pemakaian komponen, termasuk aki. Pada dasarnya, semua komponen mobil tentu memiliki masa pakai masing-masing.

Adanya masa pakai ini juga dapat menimbulkan kerusakan apabila mobil digunakan secara terus menerus. Oleh karena itu, kurangi penggunaan mobil secara berlebihan.

4.. Jarang Melakukan Pengecekan Aki

Masa pemakaian yang lama dan perawatan yang lebih mudah, membuat aki tipe basah banyak disukai pemilik kendaraan. Tapi sering kali pemilik ponsel dengan aki tipe basah lupa melakukan pengecekkan.

Tiba tiba, air aki sudah habis dan tidak bekerja sebagaimana mestinya. Jika hal ini dibiarkan saja, maka aki bisa tekor. Untuk itu pastikan air aki selalu cukup agar tidak menimbulkan masalah kedepannya.

5. Aki Lemah

Penyebab lain aki bisa tekor tiba-tiba adalah aki yang lemah. Aki yang lemah tentu tak bisa mengalirkan daya listrik ke seluruh komponen mesin dalam mobil. Akibatnya, ponsel akan sulit di starter dan tidak bisa dihidupkan kembali.

Untuk itu, selalu lakukan pengecekan aki mobil secara berkala. Bila perlu, selalu lakukan pemeriksaan tiap kali digunakan sehingga dapat menunjukkan tanda aki mobil lemah.

Editor : Mahesa Apriandi

Follow Berita iNews Banten di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut